Cara Jitu Konfigurasi SSH Server Pada Debian

Diposting pada
Cara Jitu Konfigurasi SSH Server Pada Debian
5 (100%) 1 vote

 

SSH Server di Debian (1)

Tutorial Cara Jitu Konfigurasi: Assalamu’alaikum Wr Wb , selamat datang kembali sahabat, kali ini kita akan sedikit belajar mengenai konfigurasi SSH server di Debian, tapi sebelum kita mulai mempelajari cara konfigurasi SSH di Debian ini, ada baik nya terlebih dahulu kita mengetahui apa itu SSH, dan apa saja fungsi pada SSH ini, silahkan dibaca dan dicoba cara yang ada, pada artikel dibawah ini.

Pengertian SSH Server.

SSH (Secure Shell), adalah sebuah protokol yang berfungsi untuk meremote dan mengontrol suatu perangkat computer, tanpa berhadapan langsung dengan komputer server.

SSH juga bisa dibilang sebagai pengganti telnet, karena SSH ini terbilang cukup aman, hal ini dikarenakan SSH sudah memiliki keamanan enskripsi data sedangkan telnet tidak memiliki enskripsi, sehingga data yang dikirimkan melalui SSH ini tidak mudah dibaca oleh sembarang orang.

Baca juga : Cara Jitu dan Mudah Untuk Download Foto Maupun Video Di Instagram Melalui Pc dan Laptop

Fungsi SSH Server.

2.Untuk meneruskan X11 melalui beberapa host.

3.Melakukan enkripsi terhadap data yang dikirim.

4.Protokol untuk pertukaran data dalam suatu jaringan.

5.Untuk internet unlimited gratis tanpa kuota yang telah di tetapkan oleh operator.

6.Dalam kombinasi dengan SFTP, sebagai alternatif yang aman untuk FTP transfer file.

7.Otentifikasi, mekanisme untuk memastikan pengirim dan penerima adalah benar dan aman.

8.Untuk digunakan sebagai VPN yang terenkripsi penuh. =klien yang mendukung fitur ini.

9.Untuk browsing web melalui koneksi proxy yang dienkripsi dengan klien SSH yang mendukung protokol SOCKS.

10.Dalam kombinasi dengan rsync, untuk mem-backup, menyalin dan me-mirror file, secara efisien dan juga aman.

11.Untuk port forwarding, atau tunneling port, jangan dikelirukan dengan VPN yang rute paket, antara Jaringan yang berbeda, atau menyambung dua wilayah broadcast menjadi satu.

12.Kerahasiaan, memastikan kerahasiaan data yang dikirim agar hanya diketahui oleh penerima dan pengirim.

13.Untuk mengamankan mounting direktori di server remote, sebagai sebuah sistem file di komputer local, dengan menggunakan SSHFS.

14.Untuk mengotomasi remote monitoring dan pengelolaan server melalui satu atau lebih dari mekanisme seperti yang dibahas di atas.

Sumber : Wikipedia.

Tutorial Konfigurasi SSH di Debian.

Langkah Yang Pertama.

Login sebagai root, kemudian setting ip address Debian.

Langkah Yang ke Dua.

Kemudian kalian instal paket aplikasi ssh di Debian, dengan cara mengetik perintah : # apt-get install ssh.

Tekan huruh Y , kemudian Anda akan disuruh memasukkan DVD ke 1,tekan enter, dan tunggu proses instalasi sampai selesai, perhatikan gambar dibawah ini :

SSH Server di Debian (2)

Langkah Yang ke Tiga.

Pada langkah yang ke 3 ini, kita akan melakukan pengujian SSH server melalui client, untuk melakukan pengujian, SSH di client, kita membutuhkan aplikasi SSH client, yaitu Putty, WinSCP, dan lain  sebagainya.

Pada pengujian kali ini, saya akan menggunakan aplikasi Winscp di komputer client.

Install aplikasi WinSCP di komputer client, untuk proses instalasinya tidak saya berikan disini, karena proses instalasi cukup mudah untuk dilakukan, jadi disini saya hanya memberikan tutorial menggunakan WinSCP ini, sebelum nya kalian terlebih dahulu setting ip address nya yang ada pada komputer client, kemudian jalankan aplikasi WinSCP yang berada di desktop, sehingga nampak seperti gambar dibawah :

SSH Server di Debian (3)

Kemudian isikan Hostname, dengan ip address Debian server, Port number di biarkan secara default 22, karena port SSH adalah 22, kemudian isikan user name, dan password root, karena kita bertujuan untuk bisa mengakses semua file dan folder yang ada untuk konfigurasi, kemudian klik login, lalu akan muncul pesan seperti gambar yang ada dibawah ini, lalu klik yes.

SSH Server di Debian (4)

Baca juga : Cara Lengkap Instal dan Konfigurasi Proxy Server di Debian

Langkah Yang ke Empat.

Setelah login melalui WinSCP, tampilan yang akan kalian lihat seperti gambar dibawah ini, dimana untuk yang sebelah kiri adalah komputer client yaitu windows 7, dan sebelah kanan adalah server Debian, melalui WinSCP ini, kita bisa melakukan konfigurasi di Debian server, tanpa langsung berhadapan dengan komputer server.

SSH Server di Debian (5)

 

Demikian artikel tentang Tutorial Cara Jitu Konfigurasi SSH Server Pada Debian ini kami buat, dengan menggunakan Bahasa yang sesimple mungkin agar dapat lebih dimengerti,terimakasih telah membaca dan sampai jumpa lagi sob..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.