Tips dan Trik Cara Mudah dan Lengkap Merawat Baterai Laptop

Diposting pada
Tips dan Trik Cara Mudah dan Lengkap Merawat Baterai Laptop
Rate this post

Tips dan Trik Cara Mudah dan Lengkap Merawat Baterai Laptop

Tips dan Trik Cara Mudah dan Lengkap Merawat Baterai Laptop: Salam sukses selalu dari kami keluarga Artikelkomputerku.com untuk anda, semoga kesuksesan selalu bersama anda.

Saat ini laptop bukan lagi menjadi barang mewah di masyarakat, hampir semua dari kita sudah menggunakan laptop.

Namun sayang dari pengalaman yang saya alami banyak sekali teman – teman dari keluarga Artikelkomputerku mengeluh masalah daya tahan baterai laptop mereka.

Terutama masalah daya tahan baterai yang cepat sekali menurun, bahkan di laptop saya sendiri baterai laptop sudah mengalami  penurunan kinerja yang drastis.

Tips dan Trik Cara Merawat Baterai Laptop

Dan alhamdulillah selama 1 tahun ini baterai laptop keluarga TKG mampu bertahan sampe  2,5 jam lebih dengan kondisi penggunaan wifi dan browsing, dan hampir 3 jam untuk non wifi dan browsing.

Silahkan disimak apa saja tips dan trik cara merawat baterai laptop di bawah ini.

1.Perlukah anda melepas baterai ketika menggunakan laptop anda meskipun menggunakan sumber daya langsung dari charger?

Jangan pernah melepas baterai laptop anda. Bagi sebagian orang banyak yang memilih cara ini untuk menjaga daya tahan baterai, jangan lupakan hal ini! Selain sebagai sumber daya pada laptop anda, jangan lupa bahwasannya baterai laptop anda berfungsi sebagai penahan tegangan listrik yang masuk dari charger anda.

Yang paling ditakutkan dari melepas baterai dan menggunakan sumber daya langsung dari charger anda adalah lonjakan atau penurunan sumber daya dari PLN, terlebih untuk beberapa waktu yang tim lakukan pengukuran tegangan PLN pernah mencapai 180V.

Tentunya anda tidak ingin Motherboard atau Hardisk anda mejadi korban dari keinginan anda menjaga performa baterai anda dengan cara ini.

2.Perlukah melakukan charging menunggu sampai daya baterai anda benar – benar akan habis?

Hindari hal ini sebisa mungkin. Sangat dianjurkan untuk melakukan pengisian daya baterai dengan kapasitas minimum antara 20 – 30 % daripada anda melakukan pengisian daya pada waktu kondisi benar – benar habis atau dibawah 20%.

Terlalu sering melakukan pengisian daya baterai pada kondisi dibawah 20% menyebabkan sel lithium pada baterai mengalami tingkat kejenuhan yang tinggi dan bahkan merusak sel baterai.

Lebih baik anda melakukan pengisian baterai sebelum kondisi daya baterai habis, minimal toleransi pengisian adalah 20 – 30 % diatas itu jauh lebih baik.

Terlebih ketika anda menggunakan laptop, anda langsung melakukan pengisian daya baterai. Sebab hal ini akan mengurangi tingkat perhitungan dari cycle penggunaan baterai.

Semakin sering anda melakukan pengisian dibawah toleransi yang disebutkan, sensor pengukur daya baterai anda akan semakin tidak akurat, contoh pada laptop anda masih menunjukkan tingkat kapasitas daya 80%, padahal baterai anda hanya mempunyai daya 30%, hal ini yang banyak dialami pengguna.

3.Lebih baik mana antara seraing melakukan charging ketika baterai penuh atau tetap membiarkan charging pada kapasitas daya baterai sudah penuh?

Biarkan charging tetap terpasang meskipun baterai sudah penuh! Semakin sering anda melakukan charge dan discharge maka cycle atau perhitungan dari penggunaan baterai anda akan semakin besar, hal ini akan sangat berpengaruh pada performa daya tahan baterai anda.

Jangan lupa bahwasannya hampir pada semua laptop saat ini telah memiliki switch untuk mengatur pengisian baterai. Dimana ketika baterai anda telah penuh maka daya akan diambil dari pengisi daya atau charger anda dengan baterai sebagai penjaga daya jika terjadi lonjakan atau penurunan daya listrik inputan pada rumah atau kantor anda.

4.Lakukan kalibrasi pada baterai laptop!

Karena sering digunakan untuk charge dan discharge maka cycle pada sensor baterai akan bertambah dan mengurangi keakuratan terhadap pengukur daya pada baterai, untuk memulihkan keakuratan terhadap pengukur daya baterai perlu dilakukan kalibrasi.

Kalibrasi ini bisa dilakukan setiap 30 cycle atau siklus pengisian baterai, anda bisa lihat detailnya pada artikel Cara Kalibrasi Baterai Laptop

5.Pantau kondisi baterai anda menggunakan Aplikasi piha ketiga

Disini kalian dapat dengan mudah menemukan nya di Playstore.

Nah mungkin itu saja yang bisa sampaikan pada malam hari ini, sekian dan terimakasih salam sukses selalu Artikelkomputerku.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.