Perkembangan Microsoft Excel dan Fungsinya Beserta Gambar

Diposting pada
Perkembangan Microsoft Excel dan Fungsinya Beserta Gambar
5 (100%) 2 votes

logo microsoft excel

Sejarah Microsoft Excel – Pada tahun (1982), Pihak microsoft memulai pembuatan sebuah program spreadsheet yang juga disebut dengan Multiplan, dimana program tersebut begitu sangat  populer dalam sistem operasi CP/M, tapi tentu tidak dalam sistem MS-DOS mengingat bahwa di sana telah berdiri saingannya yang kuat, yaitu Lotus 1-2-3.

Tentu hal ini juga membuat pihak Microsoft memulai pengembangan sebuah program spreadsheet yang baru yang juga kita kenal sekarang dengn sebutan Microsoft Excel, dengan tujuan, seperti yang dikatakan oleh Doug Klunder, (do everything 1-2-3 does and do it better ) melakukan apa yang dilakukan oleh 1-2-3 dan akan lebih baik lagi”.

Versi awal Excel dirilis untuk Macintosh pada tahun 1985 dan dengan di ikuti versi Windows-nya yang menyusul (dinomori dengan versi 2.0) pada bulan November tahun 1987.

Pada saat itupun Lotus mulai menyadari telah terlambat untuk turun ke pasar pemrrograman spreadsheet pada Windows, dan pada tahun itu pun, Lotus 1-2-3 masih dengan program berbasis MS-DOS.

Pada tahun 1988, Excel pun mulai menggeser 1-2-3 sedikit demi sedikit dalam pasar pemrograman spreadsheet dan menjadikan nya sebagai satu-satu nya saingan terberat bagi perusahaan pengembang aplikasi perangkat lunak komputer pribadi handalyang lain nya.

Prestasi ini tentu menjadi sesuatu yang sangat membanggakan bagi pihak Excel sebagai kompetitor yang sangat kuat bagi 1-2-3 dan di tambah lagi mereka telah mengembangkannya dengan jauh lebih baik lagi dari sebelum nya.

Dengan menggunakan keunggulannya, Microsoft merilis versi Excel baru setiap dua tahun sekali, dan versi Excel untuk Windows yang terakhir adalah Microsoft Office Excel 2013, sementara untuk Macintosh nya sendiri (Mac OS X), versi terakhirnya adalah Excel for Mac yang kita ketahui sekarang.

Sejarah Microsoft Excel dan Perkembangannya

Sejarah Microsoft Excel

Pada awal peluncurannya, Excel menjadi sebuah sasaran tuntutan perusahaan lainnya yang bergerak dalam bidang industri finansial yang sudah lebih dulu menjual sebuah perangkat lunak yang juga memiliki nama Excel.

Microsoft pun akhir nya melepas tuntututannya dengan hasil kekalahan dan juga Microsoft pun diharuskan mengubah nama dari Excel menjadi Microsoft Excel yang kita kenal sekarang dalam semua rilis pers maupun dokumen Microsoft nya.

Meski begitu, dalam prakteknya, hal ini diabaikan oleh microsoft dan bahkan Microsoft membeli Excel dari perusahaan tersebut yang sebelumnya telah menuntut mereka, sehingga penggunaan nama Excel pun pada akhir nya tidak akan membawa masalah lagidi kemudian hari.

Dan harus kita tahu pihak Microsoft pun masih sering menggunakan huruf (XL) untuk singkatan program nya, meskipun tidak umum lagi, logo ikon yang digunakan pun masih terdiri atas dua huruf tersebut,walaupun telah diberikan beberapa gaya penulisan yang baru.

Microsoft Excel versi 11.0 2003 telah dibuat Ekstensi default spreadsheet nya yang merupakan XLS, sedangkan untuk Microsoft Excel 2007 dengan nomor versi 12.0 ekstensi default-nya iyalah  XLXS yang telah memberikan dukungan format HTML namun juga dengan kelebihan nya yaitu ukuran file yang lebih kecil jika dibandingkan dengan versi-versi Excel sebelumnya.

Esensinya tetap sama dengan VisiCalc (perangkat lunak spreadsheet yang terkenal pertama kali), Dengan sel yang disusun dalam baris dan kolom, dengan menyertakan data atau formula yang berisi referensi absolut atau referensi relatif terhadap sel yang lainnya,Excel juga menawarkan banyak keunggulan lain jika dibandingkan dengan program spreadsheet yang mendahuluinya.

Excel memberikan izin bagi pengguna untuk melakukan definisi tentang bagaimana cara merubah tampilan dari spreadsheet yang telah mereka sunting seperti font dan atribut karakter.

Excel juga memberikan tawaran sebuah fitur pengolahan grafik yang cukup baik bagi pengguna Excel tersebut,Pada saat itu Excel juga menawarkan sebuah penghitungan kembali pada setiap sel-sel secara pintar, di mana hanya sel yang berkaitan dengan sel itu saja yang akan diperbarui nilainya tidak seperti program-program spreadsheet lainnya yang akan menghitung ulang kembali keseluruhan data atau menunggu perintah khusus dari penggunanya.

Microsoft mendesain ulang kembali tampilan antar muka yang telah lama  digunakan oleh Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint pada tahun 1993 untuk mencocokkan kembali dengan tampilan Microsoft Excel, yang pada saat itu menjadi salah satu aplikasi spreadsheet yang paling disukai,ketika pertama kali Excel mulai di input ke dalam Microsoft Office .

Microsoft Menambahkan Program Untuk Bahasa VBA (Visual Basic Aplication)

Sejarah microsoft excel dari tahun ke tahun hingga kini

Untuk melakukan automatisasi di dalam Excel,juga memiliki bahasa pemrograman sendiri Visual Basic for Applications (VBA), yang dapat menambahkan kemampuan Excel pada tahun 1993.

Dan juga Excel telah menambahkan fungsi-fungsi yang dapat didefinisikan oleh pengguna UDF (User Defined Functions) untuk dipergunakan di dalam program worksheet.

Microsoft juga menambahkan sebuah program, untuk bahasa VBA (Visual Basic Aplication) untuk Excel IDE (Integrated development environment) dalam versi lanjutnya,sehingga mempermudah programmer untuk membuat sebuah program buatannya sendiri.

Excel mampu melakukan automatisasi beberapa tugas yang di kerjakan pengguna nya sebagai macro,di karnakan Excel mampu merekam semua yang dilakukan oleh pengguna nya.

Program Bahasa VBA pun pengguna mengizinkan pembuatan form dan kontrol yang terdapat di dalam worksheet untuk dapat berkomunikasi dengan penggunanya.

Bahasa VBA pun mendukung penggunaan DLL ActiveX/COM, meski tidak dapat membuatnya.

Pengguna di izinkan untuk melakukan pemrograman berorientasi objek dalam VBA,versi VBA sendiri selanjutnya dapat menambahkan dukungan terhadap class module

Dan juga fungsi automatisasi yang telah disediakan oleh VBA menjadikan Excel sebagai sebuah target virus-virus macro.

Para pembuat antivirus pun mulai menambahkan beberapa dukungan untuk mendeteksi dan juga membersihkan virus-virus macro dari berkas Excel sehingga ini menjadi sebuah  problem yang sangat serius di dalam dunia korporasi.

Microsoft pun pada akhirnya mengintegrasikan fungsinya untuk mencegah sebuah penyalahgunaan pada sistem macro dengan cara menonaktifkan macro secara keseluruhan,Dan ketika menngaktifkan macro pada workbook, dia juga meyakini macro yang telah dienkripsi pada sertifikat digital yang tepercaya meski tahu dia telah terlambat.

 

Demikian sedikit pembahasan mengenai Sejarah Perkembangan Microsoft Excel dan Fungsinya dari Tahun ke Tahun Hingga kini Beserta Gambarnya semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Gambar Gravatar
Welcome to My Artikel Newbie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.