Sejarah dan Perkembangan VGA (Video Graphic Adapter) Dari Awal Hingga Sekarang

Diposting pada
Sejarah dan Perkembangan VGA (Video Graphic Adapter) Dari Awal Hingga Sekarang
5 (100%) 1 vote

Sejarah dan Perkembangan Sejarah dan Perkembangan VGA (Video Graphic Adapter) Dari Awal Hingga Sekarang (8)

Sejarah dan Perkembangan VGA (Video Graphic Adapter): Pada artikel kali ini saya akan sedikit membahas tentang VGA, mungkin anda sering mendengar kata VGA ini, terutama bagi anda yang suka sekali bermain game di komputer ataupun laptop, atau bisa disebut juga Gamers atau gamers mania.

Semoga dengan membaca artikel ini, saya harapkan anda bisa mengerti perkembangan VGA dari tahun ke tahun, selamat membaca.

Pengertian.

VGA sendiri memiliki fungsi untuk menghubungkan antara motherboard dengan monitor yang digunakan, dengan kata lain mengubah sinyal digital pada komputer menjadi tampilan grafik pada layar monitor.

Fungsi VGA.

Fungsi VGA Card atau Graphic Card (kartu grafis) ataupun Video Card, berfungsi sebagai penerjemah atau pengubah sinyal digital, yakni dari komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor.

Kartu VGA sendiri, berguna untuk menerjemahkan output komputer ke monitor, untuk menggambar atau design graphic ataupun untuk bermain game.

Baca juga: VGA ATI Radeon dan NVIDIA Beserta Penjelasan dan Pengertiannya

Perkembangan VGA.

VGA Card mulai berkembang pesat, terutama ketika saat mulainya booming kebutuhan 3D, dan juga kebutuhan grafik dari pemakai dan juga pengguna komputer, yang akhirnya muncul banyak sekali generasi dari VGA Card hingga saat ini, berikut perkembangan VGA dari masa ke masa :

1.S3 ViRGE.

VGA (Video Graphic Adapter) (5)

Pertama kali dikeluarkan dan di perkenalkan pada tahun 1993, VGA ini adalah penerus sukses dari trio 64V. ViRGE ini sendiri mengacu sebagai akselerator berbasis DRAM tercepat pada zamannya tersebut.

ViRGE (Virtual Reality Graphics Engine), vga ini merupakan generasi pertama yang telah menggunakan teknologi 3D grafik.

S3 ViRGE memiliki spec hingga 64-bit menawarkan 4 MB memory onboard, core dan juga memory clockspeeds up to 66 MHz.

2,ATI RAGE 3D & RAGE II.

Sejarah dan Perkembangan Sejarah dan Perkembangan VGA (Video Graphic Adapter) Dari Awal Hingga Sekarang (1)

ATI RAGE II memiliki spec 32-bit memory bus, dan memorynya hanya terdapat 2 MB saja, Karena kelemahannya ini, maka dibuatkanlah lagi seri ke-2nya yaitu, RAGE II yang memiliki spec. 8 MB SDRAM, 64-bit memory bus, memory clockspeeds up to 60 MHz, serta telah mendukung kemampuan untuk memutar DVD Playback.

3.NVIDIA NV3.

Sejarah dan Perkembangan Sejarah dan Perkembangan VGA (Video Graphic Adapter) Dari Awal Hingga Sekarang (2)

NVIDIA NV3 adalah yang pertama dari Nvidia,yang menggunakan desain teknologi Microsoft’s DirectX 5 API.

NVIDIA NV3 memiliki spec. 4 MB memory, 100 MHz dan core clockspeeds, bandwith 1.6 GB/s, 206 MHz RAMDAC yang mendukung AGP 2x.

4.NVIDIA NV4.

Sejarah dan Perkembangan Sejarah dan Perkembangan VGA (Video Graphic Adapter) Dari Awal Hingga Sekarang (3)

Pada tahun 1998 Nvidia mendapatkan reputasi sebagai pembuat adapter grafis oleh para konsumen 3D berbasis SDRAM, VGA ini juga merupakan penerus  langsung dari NVIDIA NV3, namun NVIDIA NV4 tidak ada penambahan yang terlihat signifikan dalam specnya.

seperti memory maksimum yang ditambah menjadi 16 MB dan mempunyai clockspeeds pada 110 MHz, akan tetapi Nvidia manambahkan beberapa kemampuan pada NVIDIA NV4 nya ini, seperti teknologi (second pixel pipeline), 32-bit true colors, dan fitur Trilinear filtering.

5.NVIDIA GEFORCE 256.

Sejarah dan Perkembangan Sejarah dan Perkembangan VGA (Video Graphic Adapter) Dari Awal Hingga Sekarang (4)

Kecepatan VGa ini 2 kali Lebih cepat di bandungakan serie sebelumnya, vga ini memiliki spec DirectX 7, 4-pixel Rendering pipeline, dan juga sebuah fitur yang bernama (cube environment mapping), yaitu dimana gunanya adalah untuk menciptakan efek real time reflection.

6.NVIDIA GEFORCE SERIES 2.

VGA (Video Graphic Adapter) (6)

Adalah generasi kedua yang memiliki grafis GeForceunit pengolahan NVIDIA, diperkenalkan pada awal tahun 2000, VGA ini merupakan  penerus GeForce 256 selanjutnya.

Keluarga GeForce 2 ini sendiri terdiri dari sejumlah model yakni:

GeForce GTS 2.

GeForce 2 Pro.

GeForce 2 Ultra.

GeForce 2 Ti.

GeForce 2 Go.

GeForce 2 MX series.

Selain itu, GeForce 2 arsitektur biasanya hanya digunakan untuk seri Quadro dan Quadro 2 Pro, 2 MXR, dan 2 kartu EXdengan driver khusus saja, yang dimaksudkan untuk mempercepat kinerja aplikasi desain komputer.

Arsitektur GeForce2 tidak jauh berbeda dengan kartu grafis yang sebelumnya, GeForce 256 tetapi dengan perbaikan yang ada, dibandingkan dengan GeForce 256 , GeForce 2 dibangun pada proses manufaktur 180 nm.

Membuat silikon lebih padat dan memungkinkan untuk menambah transistor dan clock speed nya, yang lebih tinggi, perubahan yang paling signifikan untuk akselerasi 3D ini.

Ini merupakan vga Nvidia pertama, yang telah menghadirkan fitur baru, yaitu pixel shader dengan sebutan (Nvidia Shading Rasterizer) (NZR).

7.ATI RADEON R520.

Sejarah dan Perkembangan Sejarah dan Perkembangan VGA (Video Graphic Adapter) Dari Awal Hingga Sekarang (5)

VGA R520(codec fudo) yaitu unit pemrosesan grafis (GPU), yang telah dikembangkan oleh ATI Technologies dan kemudian diproduksi oleh TSMC.

Vga ini merupakan GPU pertama yang sudah menggunakan proses fotolitografi 90 nm.

VGa ini sendiri telah menhghadirkan memory yang lebih efisien, kualitas image yang lebih baik dan juga performa yang lebih optimal.

Selain itu vga ini memiliki fitur baru yakni seperti kemampuan High Dynamic Range (HDR) atau lighting.

8.NVIDIA GEFORCE 9 SERIES.

Sejarah dan Perkembangan Sejarah dan Perkembangan VGA (Video Graphic Adapter) Dari Awal Hingga Sekarang (6)

GeForce series 9, ini adalah generasi ke sembilan dari Nvidia seri Geforce processin unit, yang telah dirilis pada tahun 2008.

VGA ini sendiri merupakan keluaran dari Nvidia yang paling popular saat itu dikalangan masyarakat, karena termasuk vga (High End), dan yang paling terkenal yaitu NVDIA GEFORCE 9800 GTX yang telah memiliki 128 stream processor, dan 256-bit memory bus.

9.NVIDIA GEFORCE 200 SERIES.

Sejarah dan Perkembangan Sejarah dan Perkembangan VGA (Video Graphic Adapter) Dari Awal Hingga Sekarang (7)

The GeForce 200 adalah generasi selanjut  ya yaitu generasi ke 10, grafis GeForce unit pengolahan Nvidia, dinamai oleh penemu dan fisikiawan yang bernama Nicola Tesla.

The GeForce 200, adalah VGA Nvidia generasi yang kedua yang mempunyai arsitektur unified shader.

Unified shader sendiri adalah sebuah perusahaan yang digunakan dalam Geforce 8 series, VGA ini memiliki chipset keluaran yang paling terbaru dari Nvidia, yang juga berhasil memasukkan 1.4 billion transistor ke dalam GPU nya.

VGA ini sendiri merupakan seri Nvidia yang paling terkencang dan memiliki kemampuan yang powerful.

Sekian artikel kali ini tentang Sejarah dan Perkembangan VGA (Video Graphic Adapter) Dari Awal Hingga Sekarang, semoga bermanfaat bagi kita semua dan terimakasih telah membaca,sampai jumpa pada kesempatan berikut nya sob,..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.