Pengertian dan Penjelasan Repository Yang Ada Pada Sistem Operasi Linux Beserta Fungsinya

Diposting pada
Pengertian dan Penjelasan Repository Yang Ada Pada Sistem Operasi Linux Beserta Fungsinya
5 (100%) 1 vote

Pengertian dan Penjelasan Repository Yang Ada Pada Sistem Operasi Linux Beserta Fungsinya

Pengertian dan Penjelasan Repository: Satu lagi yang sangat wajib anda ketahui pengertiannya, bila anda ingin belajar sistem operasi pada Linux, yaitu repository atau biasa orang menyebutnya (Repo), nah apa sih repository itu, dan apa fungsinya ?, berikut di bawah ini adalah penjelasan tentang repository dalam sistem operasi linux.

Sistem operasi linux ini mempunyai ciri khas dan keunikannya tersendiri yang berbeda dari yang lainnya, meskipun dibandingkan dengan sistem operasi closed source seperti Windows, sistem operasi linux ini sendiri memiliki berbagai distro yang di dalamnya juga terdapat repository.

Baca juga: Pengertian dan Penjelasan Distro Linux dan Cara Untuk Mendapatkannya

Pengertian Repository.

Repository sendiri adalah, suatu kumpulan dari berbagai macam aplikasi, ataupun sebuah program, yang di buat untuk sebuah sistem operasi yang ada pada linux, atau bisa disebut juga paket aplikasi dalam distribusi Linux atau juga Distro Linux.

Repository juga dapat diartikan dalam sebuah paket-paket khusus, yang berguna untuk sebuah program sistem operasi, yang kemudian paket tersebut akan di install, sehingga akan mendapat kinerja yang lebih baik dari sebuah sistem operasi yang ada padaLinux.

Fungsi dari repository.

1.Berguna untuk menunjang, sebuah kinerja sistem operasi program, aplikasi dan lain sebagainya, yang di peroleh dari Server Mirror, (penyedia File Repository), CD/DVD dan juga media penyimpanan yang lainnya.

2.Dalam sebuah sistem operasi linux, terdapat berbagai distro yang sudah tersedia., karena banyaknya distro yang bertebaran, maka dibuatlah yang namanya repository, yang dapat diibaratkan juga, sebagai paket khusus yang berada dalam distro.

3.Repository yang berada dalam distro ini tugasnya adalah berperan untuk menunjang dan mendukung sebuah program dan aplikasi dari sistem operasi, sehingga paket-paket tersebut tidak tercampur dengan paket distro yang lain.

Baca juga: Mengetahui Perbedaan Sistem Operasi Yang Ada Pada Linux dan Windows

Kita ambil contoh: repository yang terdapat dalam Linux Ubuntu, yang terdiri atas 4 area yaitu main, restricted, universe dan juga multiverse.

1.Main adalah software yang telah didukung secara resmi oleh linux.

2.Restricted ini seniri adalah, sebuah software yang juga telah didukung dan dipatenkan, akan tetapi tidak seutuhnya bebas akan licensi, ada yang berbayar dan juga tentunya ada yang gratis.

3.Universe sebuah software yang juga dikelola oleh komunitas-komunitas ubuntu atau pengembang.

4.Multiverse  adalah software berbayar/tidak gratis tentunya masih cukup terjangkau.

Setiap kita menginstall software atau aplikasi di Linux, sistem yang ada pada Linux akan mencari software yang akan diinstall dalam repository secara otomatis.

Jadi bila software tersebut sudah ditemukan, maka proses installasi akan dilanjutkan hingga benar-benar terinstall dengan sempurna.

Jadi dapat disimpulkan bahwa, Repository yaitu paket-paket yang dikhususkan dan disediakan dalam sebuah distro, yang berguna menunjang stabilitas kinerja pada sistem operasi.

Sekian artikel kali ini tentang Pengertian dan Penjelasan Repository Yang Ada Pada Sistem Operasi Linux Beserta Fungsinya, semoga dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca,sampai bertemu pada post selanjut nya sob,.

Gambar Gravatar
Welcome to My Artikel Newbie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.