Mengenal Sistem Operasi LINUX Beserta Sejarah dan Perkembangannya

Diposting pada
Mengenal Sistem Operasi LINUX Beserta Sejarah dan Perkembangannya
5 (100%) 1 vote

Mengenal Sistem Operasi LINUX Beserta Sejarah dan Perkembangannya (3)

Mengenal Sistem Operasi LINUX : Bagi anda yang sudah lama dibidang computer, pastinya sudah tidak asing dengan kata Linux, selain windows tidak ada salahnya kita mengenal sistem operasi yang satu ini, Linux adalah sistem operasi berbasis UNIX, yang dapat berjalan di berbagai macam perangkat keras terutama di PC, dengan berbasis Intel x86.

Dikatakan berbasis UNIX itu karena Linux dikembangkan menurut standar yang dimiliki UNIX dan juga memiliki kemampuan yang sama dengan UNIX, yang artinya Linux memiliki kemampuan baik sebagai server maupun workstation layaknya seperti UNIX.

Penjelasan UNIX dan LINUX.

UNIX adalah sebuah sistem operasi yang digunakan secara luas baik sebagai server maupun  workstation, yang diawali dari project Multics (Multiplexed Information and Computing Service), pada tahun 1965 yang telah dilakukan oleh American Telephone and Telegraph (AT&T), General Electric (GE), dan Institut Teknologi Massachusetts (MIT).

Dengan menggunakan biaya dari Departemen Pertahanan Amerika (Departement of Defence Advenced Research Project, DARPA atau ARPA), UNIX awal nya didesain sebagai Sistem operasi yang portabel, multi-tasking dan juga multi-user.

Sedangkan Linux sendiri merupakan sistem operasi yang bersifat multi user dan juga multi tasking, yang artinya, lebih dari satu user dapat masuk ke Linux yang sama pada waktu yang bersamaan dan pada aplikasi yang berbeda skalipun.

Linux juga multi-tasking, dimana artinya, user dapat menjalankan lebih dari satu proses (program) pada waktu yang bersamaan.

Sejarah Linux.

Mengenal Sistem Operasi LINUX Beserta Sejarah dan Perkembangannya (1)

Pada tahun 1983 Richard M. Stallman, menggagaskan ide free software dan pencetus sistem operasi GNU/Linux, aplikasi yang dibuat oleh Richard M. Stallman antara lain yaitu :

Emacs.

GNU Compiler (GCC).

GNU Debugger (GDB).

Mengenal Sistem Operasi LINUX Beserta Sejarah dan Perkembangannya (2)

Linus Trovalds adalah orang yang membuat sistem operasi Linux, yang diperkenalkan pada tahun 1991, dan nama Linux sendiri diambil dari nama beliau, seorang mahasiswa dari Finlandia, berawal dari mencoba sistem operasi MINIX ( Minimal Unix ), sistem operasi tiruan UNIX yang dibuat oleh Dr. Andrew Tanenbaum, ntuk mengajarkan kepada mahasiswanya, tentang cara kerja internal sistem operasi.

Linus Trovalds berhasil menciptakan inti dari sebuah sistem operasi atau juga yang disebut dengan KERNEL yang pada akhirnya diberi nama LINUX (Linux’s MINIX).

Perlu diketahui bahwa Linus Trovalds tidak membuat distro linux seperti Debian,Red Hat, Ubuntu, mandriva, Slaxware dan yang lainnya, yang ia buat dengan rekan-rekannya dan sampai sekarang ia kembangkan adalah hanya pada Kernelnya.

Baca juga: Mengenal Partisi Yang Ada Pada System Operasi Linux Beserta Gambarnya

Kernel sendiri adalah sebuah Inti dari suatu sistem operasi, kernel hampir tidak terlihat oleh pengguna tapi kernel ini sendiri memegang peran utama dalam menjalankan komputer.

Contohnya: kernel bertugas untuk memerintahkan piringan hardisk bergerak ke posisi tertentu dan menuliskan datanya di situ.

Ubuntu, Mandriva, Debian, Redhat, Suse, Slaxware adalah Distro Linux.

Distro Linux adalah sebuah paket dimana sistem operasi tersebut berisi kernel dan juga program tambahan.

Anda tidak akan suka melihat tampilan kernel apa lagi menggunakannya, karna itu anda membutuhkan program pendukung yang sudah disediakan oleh distro-distro ini.

Semua Distro Linux ini menggunakan kernel yang sama, tapi memiliki program pendukung yang berbeda-beda, sehingga anda akan melihat tampilan yang enak dilihat oleh mata.

Lisensi Linux.

Lisensi yang digunakan oleh Linux yaitu, GNU General Public License (GNU GPL).

Secara singkat GNU (General Public License), memungkinkan suatu aplikasi ( termasuk sistem operasi ) untuk secara bebas digunakan dan disebarluaskan, dimana pengguna atau penerima software berhak menerima kode asal ( source code) dari aplikasi tersebut, beserta semua hak yang diijinkan oleh penulis asli.

Aplikasi tersebut dapat dimodifikasi maupun digunakan dalam bentuk aplikasi lain, dimana lisensi dari aplikasi perubahan atau baru tetap pada GNU GPL, penulis asli hanya bertanggungjawab pada kode asli dan tidak bertanggungjawab terhadap implikasi perubahan yang dilakukan oleh pengguna pada aplikasi tersebut.

Dengan adanya lisensi GNU GPL ini, Linux menawarkan sebuah sistem operasi sekelas UNIX tentunya  dengan biaya murah, terutama bagi perusahaan dengan kapital kecil Linux memberi angin segar terhadap investasi perangkat lunak yang dibutuhkannya.

Selama ini jika kita menggunakan Windows yang tidak mempunyai lisensi resmi (alias bajakan), kita sebenar nya telah berbuat illegal, karena negara kita sangat permisif terhadap pembajakan software.

Tahukan anda bahwa kita di wajibkan harus membeli software Visual Basic, Corel Draw, Microsoft Office atau sistem operasi Windows secara resmi ? Sekitar $2200.

Linux versi yang baru sekarang mempunyai GUI (tampilan grafis) yang tidak kalah canggih  dengan sistem operasi yang ada pada Windows atau MAC, Bahkan cukup mudah bagi pemula sekalipun, sehingga Linux bukanlah lagi suatu barang yang menakutkan bagi pengguna pemula sekalipun.

Sekian artikel kali ini tentang Mengenal Sistem Operasi LINUX Beserta Sejarah dan Perkembangannya, semoga bermanfaat bagi kita semua dan terimakasih telah membaca,sampai jumpa pada kesempatan berikut nya sob,..

Gambar Gravatar
Welcome to My Artikel Newbie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.