Mengenal Jenis Hardisk Sebelum Kita Membelinya Agar Tidak Menyesal

Diposting pada
Mengenal Jenis Hardisk Sebelum Kita Membelinya Agar Tidak Menyesal
5 (100%) 1 vote

Mengenal Jenis Hardisk Sebelum Kita Membelinya Agar Tidak Menyesal (9)

Mengenal Jenis Hardisk: Artikel ini saya buat untuk para pemula yang ingin mengenal jenis-jenis harddisk yang ada saat ini, mulai dari cek bios atau cek fisik bentuk dari harddisk itu sendiri, semoga artikel tentang jenis harddisk ini sangat mudah dipahami dan mudah di mengerti, selamat membaca.

apabila anda ingin menambah kapasitas harddisk PC Desktop atau juga komputer milik anda, sebaiknya sebelum membeli harddisk, anda harus terlebih dahulu tahu jenis dan tipenya, apakah  jenis harddisk yang akan anda beli bisa dipasang atau tidak pada komputer atau pc desktop anda, sebenarnya mengetahui dan mengenali jenis harddisk tersebut mudah, kita bisa lihat dari bentuk fisiknya, atau bisa juga melalui bios.

Baca juga: Mengenal Jenis VGA Card Yang Kita Gunakan Beserta Kelemahan dan Kelebihannya

Cek Tipe Harddisk Melalui Bios.

Untuk mengecek type harddisk melalui bios ini, anda terlebih dahulu harus masuk kedalam bios computer kalian, caranya adalah dengan menekan tombol Del atau F2 pada keyboard kalian, sewaktu komputer pertama kali dinyalakan, setelah masuk bios maka akan tampak seperti gambar dibawah ini :

Mengenal Jenis Hardisk Sebelum Kita Membelinya Agar Tidak Menyesal (10)

Pada gambar bios diatas, kalian bisa perhatikan yang saya tandai dengan kotak merah, menerangkan bahwa jenis atau type harddisk yang kalian miliki adalah harddisk Sata dan bermerk Samsung.

Mengenal Jenis Hardisk Sebelum Kita Membelinya Agar Tidak Menyesal (1)

Perhatikan kotak merah yang ada pada gambar di atas, gambar bios diatas menerangkan bahwa jenis harddisk adalah type IDE dan mempunyai merk Maxtor.

Sebenarnya cara mengecek harddisk bukan hanya melalui bios saja, tetapi anda juga bisa mengeceknya melalu device manager, menggunakan software cek hardware seperti speccy, dan lain-lain.

Akan tetapi jika anda sudah bisa mengecek melalui bios saja, buat apa lagi mengecek lewat aplikasi ?, setelah melihat gambar diatas, mungkin anda penasaran apa sih yang dimaksud dengan IDE dan SATA ?, baiklah saya akan jelaskan sedikit dibawah ini, silahkan dibaca.

Mengenal Jenis Hardisk Sebelum Kita Membelinya Agar Tidak Menyesal (3)

Jumper pada harddisk IDE.

Mengenal Jenis Hardisk Sebelum Kita Membelinya Agar Tidak Menyesal (2)

Jumper ini sendiri mempunyai fungsi, untuk menandai harddisk yang master (utama) atau slave (kedua) ,dengan cara dilepas lalu dipindahkan, dengan mengikuti aturan pada tiap-tiap merk, karena memang pada tipe harddisk IDE ini bisa dipasang dua harddisk dalam satu kabel.

Kabel pada Harddisk IDE.

Mengenal Jenis Hardisk Sebelum Kita Membelinya Agar Tidak Menyesal (4)

Pada gambar kabel IDE yang ada diatas, ketika anda membuka chasing komputer anda, kalian akan menemukan kabel seperti yang ada pada gambar diatas, berarti harddisk yang kalian miliki sudah pasti adalah tipe IDE.

Jika anda perhatikan, ujung kabel yang berwarna biru biasanya yang di tancapkan ke Motherboard, dan yang hitam untuk harddisk IDE yang akan disetting master, dan yang putih gunanya untuk harddisk IDE yang disetting slave, untuk type harddisk IDE ini sendiri sudah jarang sekali keberadaanya, karena memang termasuk kedalam teknologi yang lama.

Info : untuk setting harddisk IDE master, biasanya digunakan untuk system, tapi jika setting slave biasanya untuk data, atau ketika anda akan menambahkan harddisk baru, biasanya tiap motherboard hanya disediakan satu port IDE saja, jadi jika kalian ingin menambahkan harddisk kalian hanya bisa menambah 1 harddisk saja.

Harddisk SATA.

Mengenal Jenis Hardisk Sebelum Kita Membelinya Agar Tidak Menyesal (5)

Dilihat dari gambar yang ada diatas, conector belakang harddisk SATA sudah berbeda jauh dengan harddisk IDE, termasuk pada bagian kabelnya, pada harddisk SATA ini kita sudah tidak menemukan jumper lagi, itu dikarenakan harddisk sudah terpasang satu kabel, selain terlihat lebih rapih didalam chasing, juga akan menambah kecepatan harddisk dalam membaca data, karena hanya terpusat pada satu kabel saja.

info : untuk jumlah harddisk SATA yang telah terpasang di motherboard, tergantung dari berapa jumlah port SATA yang ada di mainboardnya.

Jadi apa bila di motherboard ada 4 port sata, itu berarti anda bisa menambahkan harddisk sampai 4 buah, keren bukan ??

Mengenal Jenis Hardisk Sebelum Kita Membelinya Agar Tidak Menyesal (6)

Mengenal Jenis Hardisk Sebelum Kita Membelinya Agar Tidak Menyesal (7)

Gambar diatas adalah ketika harddisk dipasang kabel, dan tampak dari belakang. :rokok.

Untuk Harddisk SATA ini, sudah memiliki standar yang dibuat dan tergantung dari kecepatan membaca data perdetiknya yaitu :

SATA revisi 3 (SATA 6Gb / s) – dikenal sebagai SATA-3.

SATA revisi 2 (SATA 3Gb / s) – dikenal sebagai SATA-2 atau SATA-II.

SATA revisi 1 (SATA 1.5Gb / s) – dikenal sebagai SATA-1, SATA-I atau SATA-150.

Harddisk SCSI.

Mengenal Jenis Hardisk Sebelum Kita Membelinya Agar Tidak Menyesal (8)

SCSI yaitu adalah singkatan dari (Small Computer System Interface).

Hardisk ini pada umumnya  sudah memiliki 50-68 pin, kecepatan dan kapasitas SCSI ini sangat tinggi, sudah melebihi kecepatan yang telah dimiliki oleh hardisk jenis IDE dan SATA drive.

Kabel data yang digunakannya untuk menghubungkannya dengan motherboard adalah kabel SCSI 50-68 pin.

Itu karena kapasitas dan kecepatannya yang sangat tinggi, umumnya SCSI digunakan pada komputer server, kapasitas yang ada: 160GB, 250GB, 320GB, 500GB, 1TB, 2TB, 5TB dan 10TB.

Sekian artikel kali ini tentang Mengenal Jenis Hardisk Sebelum Kita Membelinya Agar Tidak Menyesal,semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi  kita semua, sampai jumpa pada post beikut nya sob,..

Gambar Gravatar
Welcome to My Artikel Newbie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.