Mengenal File System Yang Ada Pada Linux Beserta Penjelasanya

Diposting pada
Mengenal File System Yang Ada Pada Linux Beserta Penjelasanya
5 (100%) 1 vote

Mengenal File System Yang Ada Pada Linux Beserta Penjelasanya (1)

Mengenal File System Yang Ada Pada Linux: Saat ketika kita akan menginstal system operasi, baik itu dalam bentuk windows atau pun linux, memahami file system, system operasi tersebut bisa dibilang sangat penting, karena itu adalah suatu bekal kita nanti nya, agar kita tidak kehilangan data ketika akan melakukan partisi.

Sebenarnya perbedaan utama yang ada, antara tabel partisi Linux dan Windows yaitu, terletak pada jumlah partisi primarynya, yaitu system DOS/Windows yang hanya memiliki satu jenis partisi primary.

Sedangkan uttuk Linux sendiri dapat sampai 4 jenis partisi primary.

Baiklah setelah kalian membaca artikel saya, tentang mengenal partisi linux , saya harap anda sudah mempunyai gambaran umum tersendiri tentang partisi dan file system yang ada pada linux ini.

Sebenarnya untuk linux ini sendiri kita hanya membutuhkan dua partisi saja, yaitu partisi / (dibaca root ) dan juga swap.

Mengenal File System Yang Ada Pada Linux Beserta Penjelasanya (3)

 

 

 

 

 

 

Dengan ada nya dua jenis partisi diatas, linux sudah bisa kalian instal, Pertanyaan berikutnya drive D buat data di Linux ada mana?

Jika kebutuhan kalian, senang dalam membangi-bagi partisi sesuai kegunaannya, di Ubuntu kalian bisa menggunakan nya bahkan lebih fleksibel lagi.

Setiap direktori dibawah / misalnya /boot, /home, /var dan lainnya, bisa kalian buatkan partisi sendiri, bahkan anda bisa membuat partisi / data sendiri, dimana yang hanya perlu diperhatikan hanyalah mount point dari masing-masing partisinya saja.

NB: Mount Point adalah titik mount, yaitu partisi dikaitkan dipoint tertentu seperti /data, /media/cdrom dan lain sejenisnya.

Baca juga: Pengertian dan Penjelasan Distro Linux dan Cara Untuk Mendapatkannya

Misalnya, kita membutuhkan partisi sendiri untuk /home dan /data, dimana /home, dialokasikan untuk mengamankan data-data user dan /data, digunakan untuk menyimpan data-data yang bisa diakses oleh semua user.

Untuk lebih jelasnya saya buatkan tabel partisi seperti yang ada dibawah ini :

Mengenal File System Yang Ada Pada Linux Beserta Penjelasanya (2)

Keterangan :

sda1 swap.

sda2 mount point /.

sda3 mount point /home.

sda4 mount point /data.

Lalu apa format file system yang ada pada linux ? , jika di windows mungkin anda sering mendengar kata-kata FAT 32 dan NTFS, di sini saya akan menjelaskan file system yang ada dan yang dipakai oleh linux, ada 3 file system yang dipakai linux yaitu Ext2, Ext3 dan Ext4.

1.Ext2 – Second Extended File System 2.

Ext2, dikembangkan pertama kali dan juga diintegrasikan pada kernel Linux, dan juga yang sekarang ini sedang dikembangkan juga pada cara penggunaannya untuk sistem operasi lainnya.

Tujuannya sendiri  adalah, untuk membuat suatu file system yang powerful, yang juga dapat mengimplementasikan file-file semantik dari UNIX, dan juga tentu nya mempunyai pelayanan advance features.

2.Ext3 – Third Extended File System.

Ext3 merupakan suatu journalled file system, journalled file system ini sendiri telah didesain sedemikian rupa, untuk membantu melindungi data yang ada di dalamnya.

Dengan adanya journalled filesystem, maka kita tidak perlu lagi untuk melakukan pengecekan kekonsistensian data, yang tentunya akan memakan waktu sangat lama bagi harddisk yang berkapasitas besar.

Ext3 ini sendiri merupakan, suatu filesystem yang telah dikembangkan dan untuk digunakan pada sistem operasi yang ada pada Linux.

Ext3 merupakan hasil yang telah di kembangkan, dari Ext2 ke dalam bentuk Ext2 yang lebih baik dengan menambahkan berbagai macam keunggulan.

3.Ext4 – Fourth Extended File System

Ext4 telah dirilis secara komplit dan stabil, yang dimana berawal dari kernel 2.6.28, jadi apabila distro kalian yang secara default memiliki versi kernel tersebut, atau juga sudah di atas nya, maka otomatis system anda sudah memiliki akses support Ext4, (dengan catatan sudah di include kedalam kernelnya).

Sekian artikel kali ini tentang Mengenal File System Yang Ada Pada Linux Beserta Penjelasanya,semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi  kita semua, sampai jumpa pada post beikut nya sob,..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.