Mengenal Sejarah Debian,Beserta Daftar Pengembangan Yang Ada Pada Sistem Operasi Debian

Diposting pada
Mengenal Sejarah Debian,Beserta Daftar Pengembangan Yang Ada Pada Sistem Operasi Debian
5 (100%) 1 vote

Sistem Operasi Debian

Mengenal dan Mengetahui Sejarah: Selamat malam sahabat, pada posting kali ini, tentang sistem operasi Debian, kenapa ??, karena ada beberapa kawan dan sahabat saya yang bertanya, apa sih Debian itu?, apa fungsi Debian dan bagaimana ceritanya si Debian ini, begitulah ceritanya saya buat postingan ini, khusus bagi anda yang masih belajar tentang komputer semoga artikel ini dapat dengan mudah dimengerti.

Baca juga : Mengenal dan Memahami Apa Itu Perintah PING Yang Ada Pada Jaringan Komputer

Pengertian Sistem Operasi Debian.

Debian adalah sistem operasi berbasis open source atau gratis, yang di kembangkan secara terbuka, oleh banyak programer sukarelawan, yang ingin mengembangkan sistem operasi Debian ini tentunya.

Pada sistem Operasi debian ini sendiri sebenarnya adalah, gabungan dari beberapa perangkat lunak yang telah dikembangkan oleh lisensi GNU, dan menggunakan kernel linux sebagai komponen utamanya, sehingga lebih sering juga disebut sebagai Debian GNU atau juga Linux.

Sistem Operasi ini menggunakan karnel linux, yang merupakan salah satu distro paling populer dengan kestabilannya, rata-rata distro turunan dari Debian ini sendiri, yang paling banyak digunakan di dunia. Contohnya ; Bactrack, ubuntu, dan Linux Mint.

Baca juga : Tutorial Cara Jitu Konfigurasi SSH Server Pada Debian

Pembuat Sistem Operasi Debian.

Pembuat Sistem Operasi Debian.

Debian pertama kali diperkenalkan oleh seorang mahasiswa dari Universitas Purdue Amerika Serikat yang bernama Ian Murdock, yaitu pada tanggal 16 Agustus 1993.

Nama debian sendiri adalah sebuah singkatan, yang berasal dari kombinasi nama Ian Murdock, (pembuat debian) dengan mantan kekasihnya yang bernama Debra Lynn, dan lalu kemudian di singkat menjadi kata (DEBIAN), tapi sayang beliau meninggal, pada tahun 2015 yang lalu dikarenakan bunuh diri.

Fungsi Sistem Operasi Debian.

Fungsi sistem operasi debian ini sendiri, adalah sebagai server jaringan atau pengatur proses pada jaringan seperti proxy, router, repeater, web dan sebagainya, selain itu sistem operasi debian ini sangat terkenal dengan kestabilannya, bila di bandingkan dengan distro linux yang lainnya,

Karena kestabilan nya itulah, kita bisa memakai maupun menggunakannya secara maksimal, melalui pc ataupun laptop yang spesifikasinya low atau rendah.

Selain itu sistem operasi debian ini juga, berfungsi untuk Troubleshooting dalam artian, yang berarti  bisa mendeteksi kesalahan yang ada pada hardware komputer, software maupun kesalahan dari network atau pada jaringan komputer.

Versi-versi Yang Terdapat Dalam Debian :

1.1.Buzz “17 Juni 1998”.

1.2.Rex “12 Desember 1996”.

1.3.Bo “5 juni 1997”.

2.0.Hamm “24 juli 1998”.

2.1.Slink “9 Maret 1999”.

2.2.Potato “15 Agustus 2000”.

3.0.Woody “19 Juli 2002”.

3.1.Sarge “6 juni 2005”.

4.0.Etch “8 April 2007”.

5.0.Lenny “15 Februari 2009”.

6.0.Squeeze “6 Februari 2011”

7.0.Wheezy “4 Mei 2013”.

8.0.Jessie  “25 April 2015”.

Sekian artikel kali ini tentang Mengenal dan Mengetahui Sejarah,Beserta Daftar Pengembangan Yang Ada Pada Sistem Operasi Debian, semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda lebih dalam lagi, tentang berbagai informasi  yang ada di dalam sistem computer ini.
terimakasih telah membaca dan sampai bertemu lagi pada pos yang berikut nya sob..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.