Mengenal dan Memahami Fungsi BIOS Pada Perangkat Komputer dan Laptop

Diposting pada
Mengenal dan Memahami Fungsi BIOS Pada Perangkat Komputer dan Laptop
5 (100%) 1 vote

BIOS 1

Mengenal dan Memahami Fungsi BIOS: Selamat malam gaes, Selamat datang kembali di Artikelkomputerku, oke pada posting kali ini saya akan sedikit membahas apa itu BIOS.

Pengetian BIOS.

BIOS atau bisa di sebut juga (Basic input output system), BIOS adalah suatu program yang ditulis dengan menggunakan bahasa assembly, yang bertugas untuk mengatur fungsi dasar dari hardware komputer, Program bios ini ada didalam sebuah chip memory Read Only Memory (ROM), ataupun Flash Memory yang berbahan Comlpimentari Metal Oxide Semiconductor_CMOS, di dalam motherboard komputer terdapat sebuah baterai yang bertujuan untuk menjaga agar setingan pada tanggal dan pengaturan yang lainnya,dimana telah disetting oleh pengguna, agar tidak hilang meskipun komputer sudah dimatikan.

Baca juga: Cara Untuk Mendaftar VPN Dengan Aman Beserta Pengertian dan Penjelasannya

Fungsi BIOS.

Untuk memberikan instruksi atau perintah yang dikenal dengan istilah POST (Power On Selft Test) yaitu perintah untuk menginisialisasi dan identifikasi perangkat sistem seperti RAM, CPU, Keyboard, VGA Card, dan Mouse, Hardisk drive, Optical CD ataupu DVD drive dan hardware lainnya pada saat komputer mulai booting atau pertama kali dihidupkan.

Mengatur konfigurasi Hardware dengan memberikan informasi dasar yang dibutuhkan untuk bisa beroperasi, konfigurasi ini biasanya akan berguna bagi kalian yang suka overclock.

Cara Kerja BIOS.

Saat memulai BIOS akan secaa otomatis melakukan proses inisialisasi dimana dalam proses tersebut kalian bisa melihat spesifikasi komputer seperti Processor yang sedang digunakan,  jumlah memory atau RAM, jenis dan kapasitas harddisk, informasi kartu VGA dan lain sebagai nya.

BIOS juga dapat melakukan pengecekan terhadap device ROM lainnya, seperti harddisk dan juga dapat melakukan pengetesan terhadap RAM.

Baca juga: Mengenal dan Memahami Manfaat dan Keuntungan Menggunakan VPN Sebelum Membelinya

Setelah pengetesan selesai, dan pengecekan atau inisialisasi terhadap perangkat juga selesai, selanjutnya yang akan dilakukan BIOS adalah, mencari lokasi booting, untuk memasuki sistem operasi yang telah terinstall tadi.

Komponen Pada BIOS.

1.Driver.

Fungsi Driver ini sendiri, ditujukan untuk perangkat-perangkat keras computer, seperti VGA, input device, processor, dan beberapa perangkat lainnya, untuk sistem operasi dasar 16 bit, yang merupakan keluarga dekat dari DOS.

2.Program BIOS Setup.

Umumnya program ini, akan menggunakan kemampuan nya, untuk menyembunyikan detail-detail dari perangkat, yang bisa dibilang cukup sangat rumit, jadi perlu sedikit keahlian, jika kalian ingin mengetahui lebih dalam lagi, mengenai detail-detail, dari perangkat tersebut.

Program ini fungsinya adalah untuk mengubah konfigurasi komputer seperti tipe hard disk, disk drive, manajemen daya, kinerja komputer, dan lain sebagai nya seusai kemauan kita.

3.Program Bootstraper Utama.

Program inilah yang nantinya akan berperan dalam proses booting atau startup ke dalam sistem operasi yang telah kita install sebelumnya.

Contoh: Proses bios bisa kalian lihat di gambar dibawah ini,silahkan klik kanan lalu open new tab pada gambar.

BIOS

Dari gambar diatas kita bisa melihat informasi apa saja yang ada dikomputer kita.

Produsen BIOS Yang Terkenal.

Sebenarnya produsen BIOS sangatlah banyak namun yang paling terkenal hanyalah beberapa seperti dibawah ini :

BIOS 3

Dibawah ini adalah beberapa contoh Chip BIOS, yang ada pada motherboard dan laptop, tiap motherbord mungkin bentuknya berbeda, jadi kalian tinggal llihat merk bios nya saja.

Bios Pada Motherboard Komputer.

BIOS 4

Bios Pada Laptop.

BIOS 5

Cara Masuk ke menu BIOS.

Untuk masuk ke menu BIOS,  dapat kita lakukan dengan menekan tombol tertentu,biasanya tombol Delete atau F2, pada Keyboard saat pertama kali komputer dinyalakan.

Akan terdapat tulisan misalnya (Pres F2 to enter setup), maka langsung saja tekan tombol F2 berulang kali.

Lihat gambar dibawah ini yang saya beri kotak merah.

BIOS 6

BIOS 7

Cara Setting BIOS Komputer.

BIOS 8

Cara seting BIOS, berbeda-beda tergantung dari vendor yang membuatnya, disini saya hanya  akan menampilkan menu-menu pada BIOS yang umum kita temui yaitu Phoenix Award BIOS.

Menu utama pada BIOS ini adalah :

1.Standard (CMOS Features), untuk menyeteting tanggal, dan juga melihat hardisk yang sudah terdeteksi, dan juga dapat berfungsi dengan hal lain sebagai nya.

2.Advanced BIOS Features, pengaturan boot device priority (pilihan device untuk pertama booting) dapat diset disini. atur first boot jadi HDD.

3.Advanced Chipset Features default aja gan.

3.Integrated Peripherals atur default

4.Power Management Setup lewati aja gan

5.PnP/PCI Configuration lewati aja

6.PC Health Status, kita bisa cek temperatur dan tegangan dari Power Suplly disini gan

7.Load Fail-Safe Defaults (Load Factory Setting).

8.Load Optimized Defaults

9.Set Supervisor Password mending ga usa di password

10.Setelah melakukan pengaturan Save & Exit Setup tekan F10 pada keyboard

Cara Setting BIOS Pada Laptop.

BIOS 9

Cara untuk menyeting nya sama seperti setting bios pada computer, untuk menu Main berisi tentang informasi hardware, biasanya saya hanya setting tanggal dan melakukan booting saja, dilaptop menu bios biasanya lebih simpel tidak sebanyak dan sedetail yang ada di PC.

Demikian sedikit tentang pembahasan kali ini tentang Mengenal dan Memahami Fungsi BIOS Pada Perangkat Komputer dan Laptop,semoga bermanfaat dan terimakasih telah membaca gaes,sampai bertemu pada pos yang selanjut nya,.

Gambar Gravatar
Welcome to My Artikel Newbie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.