Mengenal dan Memahami Apa Itu Radio Frekuensi dan Modulasi Beserta Pengertiannya

Diposting pada
Mengenal dan Memahami Apa Itu Radio Frekuensi dan Modulasi Beserta Pengertiannya
5 (100%) 1 vote

Radio Frekuensi dan Modulasi

Mengenal dan Memahami Apa Itu Radio Frekuensi: Selamat malam sahabat, kali ini kita akan sedikit belajar dan mengenal sedikit tentang radio frekuensi dan modulasi, karena jaringan wireless sendir termasuk salah satu teknologi komunikasi data yang menggunakan sebuah gelombang radio atau elektromagnetik.

Untuk melakukan pertukaran informasi, ketika kita mempelajari jaringan wireless, kita akan sering mendengar yang Namanya istilah radio frekuensi atau sering ditulis dengan RF, atau sering disebut juga Radio Frequency yang artinya jika di dalam bahasa Indonesia adalah gelombang radio.

Apa Itu Gelombang Radio ?

Pengertian dari gelombang radio sendiri, adalah sebuah sarana transmisi yang paling umum digunakan dalam jaringan wireless, frekuensi radio sendiri menunjuk ke arah spektrum elektromagnetik dimana gelombang elektromagnetik tersebut dapat dihasilkan oleh pemberian arus bolak-balik ke dalam sebuah antena.

Gelombang ini sendiri dapat melintasi jarak yang cukup jauh, menembus dinding, karakteristik gelombang RF ini sangat dipengaruhi oleh frekuensinya, seperti pada frekuensi tinggi, gelombang ini sering sekali cenderung merambat pada garis lurus dan terpantul oleh permukaan suatu objek, sedangkan pada frekuensi rendah cenderung dapat menembus dinding, namun mempunyai jarak rambat yang jauh lebih pendek, frekuensi radio ini berada pada jangkauan frekuensi 10 hertz “Hz” sampai beberapa Gigahertz “GHz”.

Baca juga : Mengenal dan Memahami Apa Itu Jaringan Wireles Atau Wifi Beserta Fungsi dan Sejarahnya

Berdasarkan pada peraturan internasional yang telah diatur oleh ITU (International Telecommunication Union) bila kita melakukan pembebasan pada frekuensi Industrial, Science and Medical (ISM) yaitu frekuensi yang digunakan khusus untuk keperluan instumental, kesehatan dan juga ilmiah.

Beberapa frekuensi ISM yang biasa digunakan oleh aplikasi pengiriman data berkecepatan tinggi, adalah 5.725 – 5.875 MHz (band 5.8 GHz), 2.400 – 2.500 MHz (band 2,4 GHz), dan satu frekuensi lain nya yaitu 24 – 24.25 GHz (band 24 GHz).

Di beberapa bagian negara, penggunaan ISM band ini sendiri dapat digunakan tanpa perlu menggunakan lisensi, sedangkan di Indonesia sendiri berdasarkan Kep.MenHub No. 2 tahun 2005, tentang peraturan penggunaan frekuensi 2400 – 2483.5 MHz, hal ini berarti berdasarkan pemakaian frekuensi 2.4 GHz dapat dilakukan juga tanpa perlu menggunakan lisensi dari pemerintah, untuk frekuensi 5 GHz dalam pemakaian dalam jaringan wireless, misalnya pada standar 802.11A relatif lebih memiliki frekuensi yang lebih stabil dan bersih dari interferensi atau gangguan dibandingkan frekuensi 2.4 GHz yang lebih relatif padat.

Frekuensi 5Ghz in sendiri memiliki kekurangan yaitu, memberikan jarak yang lebih pendek, sebaliknya pada frekuensi 2.4 GHz sendiri lebih rentan terhadap interferensi dari piranti lain yang memakai gelombang pada frekuensi yang sama seperti cordless phone, microwave, dan bluetooth.

Yang berarti jika disimpulkan semakin tinggi frekuensi itu sendiri, maka semakin besar transfer data yang dapat di  kirimkan, namun semakin pendek jarak jangkau yang di peroleh nya.

Baca juga: Cara Mudah Untuk Mencari Serial Number Software Pada Komputer

Berdasar IEEE 802.11 yang ada,untuk membuat jaringan wireless, jaringan wireless sendiri dapat bekerja pada frekuensi radio yang sama dengan bluetooth yaitu pada frekuensi 2.4 GHz, namun bedanya dengan Bluetooth yang menggunakan FHSS (frekuensi hopping spread spectrum), sedangkan wireless yang sering kita sebut sebut Wifi ini pada frekuensi ini menggunakan DSSS (direct sequence spread spectrum).

Pengertian spread Spectrum sendiri, adalah sebuah metode cara berkomunikasi di mana semua sinyal komunikasi tersebut disebar (spread) pada seluruh spektrum frekuensi yang telah tersedia.

Perbedaan Pada FHSS dan DSSS.

Pada FHSS ini menggunakan metode pengiriman sinyal dimana paket data akan dipecah lalu kemudian dikirimkan dengan menggunakan frekuensi yang berbeda-beda, satu pecahan bersisian dengan lainnya.

Sehingga untuk seluruh data yang dikirimkan maupun yang telah diterima oleh perangkat yang dituju, dengan menggunakan kecepatan sinyal frekuensi yang sangat tinggi sistem ini akan memberikan keamanan yang dibutuhkan dalam jaringan, karena pada kebanyakan radio transceiver biasa, tidak dapat mengikutinya, FHSS sendiri membutuhkan daya dan kompleksitas yang rendah bila dibandingkan dengan DSSS.

Definisi dari DSSS ini sediri adlah,sebuah metode dimana sebuah frekuensi radio, yang dibagi menjadi tiga bagian yang sama dan akan menyebarkan seluruh paket melalui salah satu bagian frekuensi DSSS tersebut.

Mengenkripsi dan mendekripsi data yang keluar masuk oleh adapter direct sequence, sehingga jika ada kemungkinan saat ada orang yang tidak memiliki otoritas, mereka hanya akan mendengar suara desisan saja bila mereka baik disengaja ataupun tidak telah menankap sinyal radio itu tersebut.

Pengertian Modulasi.

Pengertian modulasi, ini adalah proses perubahan atau varying, suatu gelombang periodik, sehingga menjadikan sebuah sinyal yang mampu membawa suatu informasi, dengan melalui proses modulasi suatu informasi biasanaya akan berfrekuensi rendah, dan dapat dimasukkan ke dalam suatu gelombang pembawa atau carier.

Pada jaringan wireless sendiri, telah terdapat dua modulasi yang digunakan yakni OFDM dan DSSS.

DSSS (Direct Sequence Spectrum) adalah teknik yang menggunakan modulasi sinyal informasi secara langsung dengan menggunakan kode-kode tertentu, DSSS juga merupakan suatu metode untuk mengirimkan sebuah data dimana sistem pengiriman dan penerimaan, keduanya berada pada set frekuensi yang mempunyai lebar 22 MHz.

OFDM atau bisa desub juga dengan Orthogonal Frequency Division Multiplexer, adalah sebuah teknik dari transmisi yang menggabungkan 3 atau banyak frekuensi atau di sebut juga Multicarier, pemakaian yang saling orthogonal, pada penggunaan OFDM ini akan sangat memungkinkan bila terjadi overlap antar frekuensi tanpa menimbulkan interferensi pada frekuensi satu sama lain.

 

Demikian artikel tentang  kali ini kami buat mohon maaf apabila ada kekurangan baik di daftar maupun pada cara penulisan kata,semoga dapat menambah pengetahuan serta pengalaman anda, dan terimakasih telah membaca, sampai bertemu kembali pada artikel kami selanjut nya sob,..

Gambar Gravatar
Membuat sebuah artikel bukan hanya sekedar mengedit tulisan ataupun mengetik papan keyboard. bagi saya membuat sebuah artikel adalah sebuah tantangan tersendiri dalam memuaskan pembaca dan membantu mereka untuk menambah wawasan mereka. Dan tentu juga untuk sedikit membantu pemecahan masalah mereka,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *