Macam-Macam Kabel Jaringan Pada Komputer Yang Dapat Digunakan Untuk Membuat Jaringan LAN

Diposting pada
Macam-Macam Kabel Jaringan Pada Komputer Yang Dapat Digunakan Untuk Membuat Jaringan LAN
5 (100%) 1 vote

Halo sobat Artikelkomputerku.com, dimanapun kalian berada salam sukses selalu untuk kalian semua.

Pada artikel sebelum nya saya sudah membuat sebuah artikel di mana artikel tersebut berisi tentang tutorial untuk membuat kabel jaringan yaitu Straigh dan Cross..

Namun pada artikel kali ini kita akan kembali sedikit membahas tentang jaringan komputer dasar, karna menurut saya  ilmu ini penting sekali saat kita hendak membangun jaringan yang berbasis wired.

Karena kalau tidak paham tentang teknik pengkabelan, bagaimana kita bisa menghubungkan sebuah koneksi antar PC/Laptop yang kita miliki.

Di sini saya akan memberikan penjelasan tentang kabel-kabel tersebut sehingga sobat Artikelkomputerku bisa menentukan kabel mana yang cocok untuk kebutuhan membangun jaringan sesuai dengan keiinginan kalian sendiri.

Macam- Macam Kabel Jaringan

Sebenarnya ada beberapa macam jenis kabel yang biasa digunakan dalam membentuk sebuah jaringan berbasis wired, yaitu di antara lain yang dapat di gunakan ialah:

  • UTP : Unshielded twisted Pair
  • STP : Shielded Twisted Pair
  • Kabel Coaxial
  • Kabel Fiber Optik

Nah inilah sedikit penjelasan untuk bberapa macam kabel yang ada di attas sob silahkan kalian simak, dan di ingat yaa.

UTP (Unshielded Twisted Pair)UTP Unshielded twisted Pair

Kabel UTP “Unshielded Twisted Pair”, sangat banyak digunakan dalam instalasi jaringan komputer, kabel ini sendiri berisi empat pasang kabel yang tiap pasangnya sudah dipilin “twisted”.

Kabel ini tidak dilengkapi dengan sebuah pelindung “unshilded”, kabel UTP angat mudah untuk dipasang, karna ukurannya kecil, dan harganya lebih murah dibandingkan jenis media lainnya.

Kabel UTP sangat rentan dengan efek interferensi elektris yang berasal dari media di sekelilingnya.

STP (Shielded Twisted Pair)STP Shielded Twisted Pair

Kabel STP “Shielded Twisted Pair” merupakan salah satu dari jenis kabel yang biasa digunakan dalam jaringan komputer, kabel ini sendiri memiliki dua pasang kabel didalamnya pada setiap kabel, dimana pada setiap pasang telah dipilin.

Kabel STP mempunyai ketahanan yang besar terhadap gangguan yang di sebebkan oleh posisi kabel yang tertekuk, pada kabel STP attenuasi akan meningkat pada frekuensi tinggi sehingga menimbulkan crosstalk dan sinyal noise

Kabel CoaxialKabel Coaxial

Kabel coaxial adalah, sebuah jenis kabel yang menggunakan sepasang konduktor, kabel ini sangat banyak sekali di gunakan, dalam mentransmisikan sinyal frekuensi yang tinggi, mulai dari 300 kHz keatas.

Karena kemampuannya dalam menyalurkan frekuensi yang tinggi inilah, maka sistem transmisi yang ada pada kabel coaxial, memiliki kapasitas kanal yang cukup besar didalamnya.

Kabel coaxial ini sendiri memiliki berbagai macam bentuk, yaitu “thick coaxial kabel”, dimana kabel ini mempunyai diameter yang besar dan “thin coaxial” kabel yang mempunyai diameter lebih kecil daripada kabel thick coaxial.

Kabel Fiber OptikKabel Fiber Optik

Serat optik sendiri adalah sebuah saluran transmisi atau sejenis kabel, yang terbuat dari kaca atau plastik yang mempunyai tekstur sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut, sehingga dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat yang lain.

Sumber cahaya yang digunakan biasanya adalah sebuah cahaya yang keluar dari laser atau LED, kabel ini berdiameter kurang lebih 120 mikrometer, cukup jauh  bukan.

Cahaya yang terdapat di dalam serat optik tidak akan keluar, karena indeks bias yang ada pada kaca lebih besar daripada indeks bias dari udara, karena umumnya laser mempunyai spektrum yang sangat sempit.

Kecepatan transmisi yang dihasilkan dari serat optikpun sangat tinggi, sehingga akan sangat bagus bila digunakan sebagai saluran komunikasi.

Baca Juga: aringan Wireles Atau Wifi Beserta Fungsi dan Sejarahnya

Nah itulah sedikit penjelasan yang dapat saya sampaikan kali ini sob, demikianlah artikel tentang maca-macam kabel yang digunakan pada jaringan komputer.

Semoga dapat bermanfaat dan berguna untuk kita semua, pada artikel yang berikutnya kita mungkin akan sedikit membahas tentang teknik pengkabelan kabel UTP, yaitu straight dan cross.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.