Cara Mudah Untuk Memblokir Sebuah Situs Dengan Menggunakan TP-Link

Diposting pada
Cara Mudah Untuk Memblokir Sebuah Situs Dengan Menggunakan TP-Link
5 (100%) 1 vote

Artikelkomputerku

Cara Mudah Untuk Memblokir Sebuah Situs: Oke sob selamat datang kembali di blog newbie ini, kali ini kami akan membahas bagaimana cara memblokir situs dengan menggunakan router TP-Link, tutorial ini untuk kami siap kan untuk Anda yang mempunyai router TP-Link.

Berawal dari seorang saudara kami yang memiliki seorang anak yang sulit untuk di suruh belajar, dikarenakan hanya suka membuka facebook dan youtube saja, dan kebetulan dia memakai router TP-Link.

Meskipun kita bisa memblokirnya dengan menggunakan modem TP-linknya, namun saya coba memblokirnya cukup dengan menggunakan routernya saja, agar lebih mudah.

Untuk router TP-link nya sendiri yang saya gunakan untuk memblokir situs kali ini adalah router tipe TL-WR841N, tetapi jika Anda mempunyai tipe router selain itu, kalian jugabisa menggunakan cara yanga sama , nah silahkan kalian ikuti langkah-langkah blokir situs dibawah ini :

Cara Blokir Situs Dengan TP-Link.

Baiklah sebelum kita mulai,persiapkan semua perangkat dan setelah semua perangkat siap, dibawah ini kami terangkan beberapa langkah,tentang bagaimana caranya untuk memblokir situs tertentu,dengan menggunakan router TP-Link.

Silahkan Ikuti Tutorial Berikut Ini :

Langkah Yang Pertama.

Pastikan modem ADSL yang kalian gunakan terhubung dengan router TP-Link dengan memasukkan kabel (RJ-45) pada konektor bewarna biru pada router.

Artikelkomputerku

Jika Anda coba menghubungkannya ke port selain bewarna biru , maka router hanya akan menjadi Access Point, tidak akan bisa digunakan untuk melakukan pemblokiran situs, itu karena mode Access Control hanya bisa diakses ketika router dengan mode Wireless Router.

Langkah ke Dua.

Akses router TP-link Anda dengan cara mengetik nomer IP address router anda pada web browser, nomer ip router TP-link untuk defaultnya adalah (192.168.0.1) , kemudian masukkan username admin, dan password admin, silahkan ganti username dan passwordnya agar lebih aman nya.

Langkah ke Tiga.

Kemudian Anda akan di bawa masuk ke menu router TP-Link, lalu kalian masuk ke menu DHCP terlebih dahulu, karena di sini kita akan menentukan ip address yang akan di blokir.

Bisa diketahui, client yang terhubung akan mendapat nomer Ip address otomatis, dari router atau DHCP, mulai dari (192.168.0.100) sampai (192.168.0.199), disini kita juga bisa mengetahui bahwa komputer yang terhubung bisa sampai dengan 99 client, Anda bisa merubahnya jika terlalu banyak.

Baca juga: Cara Yang Paling Aman Saat Kita Mencabut Flashdisk Tanpa Prosedur Safley Remove.

Langkah ke Empat.

Pada langkah yang ini kita akan coba memblokir situs, dengan cara klik menu Access Control pada menu sebelah kanan.

Pada mode IP address , klik menu drop down dan rubah ke Domain, karena kita akan memblokir sebuah  situs, kemudian untuk Host Description isi sesuai dengan selera Anda, dan untuk LAN IP Address biarkan seperti itu, kemudian klik Next.

Langkah ke Lima.

Setelah semua selesai isikan Target Description sesuai kemauan Anda, kemudian pada Domain Name isikan website yang ingin Anda blokir, disini saya coba memblokir facebook dan youtube, untuk memblokir website di router TP-Link ini kita hanya diberikan 4 website saja.

Kemudian klik Next.

Langkah Yang ke Enam.

Pada langkah ini kita akan menentukan kapan saja website tersebut akan diblokir atau di un-blokir, disini saya akan memblokir situs tersebut setiap hari, dan setiap jam, Anda dapat mengaturnya sesuai keinginan Anda, untuk Schedule Description isikan sesuai kemauan Anda, kemudian klik Next.

Baca juga: Cara Format Flashdisk yang Terprotect dan Terkena Virus Dengan Menggunakan Redregit

Langkah Yang ke Tujuh.

Pada langkah ini kita sudah selesai melakukan pengaturan router untuk memblokir situs tertentu, cukup dengan klik finish.

Setelah diklik finish, kita akan kembali pada menu awal, pastikan klik menu (Deny the packets specified by any enabled access control to pass through the router) ,pastikan pilihan Enable Internet Access Control juga di centang, kemudian klik finish.

Setelah selesai silahkan di uji pada client yang terhubung, pada laptop.

Artikelkomputerku

Demikian artikel kali ini tentang  kami buat semoga dapet membantu anda dalam menangani kejadian seperti di atas bila terjadi pada anda.

Dan terimakasih telah membaca, sampai bertemu kembali pada artikel kami yang selanjut nya,.

Gambar Gravatar
Welcome to My Artikel Newbie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.