Cara Mengatasi Laptop dan Komputer Hang atau Mati Sendiri

Diposting pada
Cara Mengatasi Laptop dan Komputer Hang atau Mati Sendiri
5 (100%) 1 vote

Cara Mengatasi Laptop Hang atau Mati Sendiri.

Cara Mengatasi Laptop Hang: Seperti yang anda ketahui, di jaman sekarang laptop sudah bukan barang mewah lagi, tapi telah menjadi barang kebutuhan yang sangat penting, di tambah harga laptop sekarang sudah tidak semahal dulu, dan juga telah tersedia dengan berbagai brand merk, dengan begitu kita bebas memilih mana laptop yang bagus dan tentu nya berkualitas.

Saat mengerjakan tugas atau pekerjaan, bermain game atau melihat film terbaru kemudian laptop kita tiba-tiba mati sendiri walaupun dalam keadaan batre penuh ataupun dalam keadaan sedang di cas.

Kejadian seperti itu pasti akan membuat kita berfikir rmacam-macam.

Dibawah kami membagikan kepada sobat semua, tentang berbagai sebab dan bagaimana cara mengatasi laptop yang mati sendiri ini.

Agar nantinya ketika sobat mengalami kejadian tersebut, dapat memperbaikinya dengan tepat dan benar, silahkan baca dengan teliti artikel dibawah ini.

Baca juga: Beberapa Cara Mencegah Komputer atau Laptop Terkena Virus.

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri.

Ada banyak penyebab yang memungkinkan kenapa hal tersebut bisa terjadi, berikut berbagai penyebab dan cara mengatasinya :

Yang Pertama Laptop Panas atau Overheat.

Penyebab yang paling sering dan paling utama adalah,karena suhu laptop yang tidak normal alias suhu laptop melebihi batas normal.

Ini biasanya dikarenakan laptop yang bekerja terlalu keras, seperti menjalankan aplikasi atau game yang tidak sesuai dengan spesifikasi laptop yang diminta oleh game atau aplikasi tersebut.

Yang akhirnya menyebakabn laptop tersebut akan shutdown sendiri, dikarenakan sensor suhu sudah mendeteksi kelebihan panas, yang membuat sistem bios melakukan pengaktifan fungsi untuk mematikan laptop secara otomatis, laptop dapat awet jika suhu dalam keaddaan normal terus.

Untuk Cara mengatasinya:

1.Periksa apakah kipas processor masih berfungsi, dengan meraba lubang fentilasi yang berada di samping atau bawah laptop, jika sudah tidak berfungsi atau kipas mati, maka silahkan belikan kipas laptop yang baru,

2.Jika kipas masih berfungsi atau berputar namun pelan atau tidak sekencang seperti waktu beli baru, maka bisa saja kipas kotor terkena debu, yang mengakibatkan kipas tidak lancar berputarnya, solusinya adalah bongkar laptop dan bersihkan kipas dari debu, kemudian semprot memakai minyak anti karat WD 40.

3.Belikan kipas tambahan untuk laptop yang biasanya dipasang dibawah agar suhu tetap normal,

Tips: Jangan menggunakan laptop pada tempat yang berdebu atau kotor, seperti tempat tidur, itu bisa menyebabkan debu dan kotoran akan terhisap masuk ke dalam kipas,

Yang ke Dua Suhu Processor Panas.

Jika kipas tidak normal dapat pastikan suhu processor juga akan panas, jadi disini kalian harus membongkar laptop tersebut, kemudian kalian cek pasta processor yang biasa dipasang dibawah heatsink fan processor, apakah sudah dalam keadaan kering atau sudah tidak bisa diandalkan lagi.

Cara mengatasinya:

Kalian hanya perlu membersihkan dan mengganti pasta processor, belikan yang bagus agar pasta lebih tahan lama dan awet, jangan beli yang murah, karena biasanya tidak akan bertahan lama.

Yang ke Tiga RAM Laptop.

Tentu nya RAM juga bisa saja menjadi penyebab kenapa laptop bisa mati sendiri, tapi biasanya jika ram rusak laptop akan restart kembali, terkadang blank tidak mau menyala lagi.

Cara mengatasinya:

Lakukan pembersihan slot ram yang terdapat pada motherboard menggunakan kuas yang halus, kemudian gosok pada bagian kuning RAM dengan menggunakan penghapus pensil yang terbuat dari karet, untuk menghilangkan karat, gosok secara perlahan, kemudian coba pasang kembali, jika laptop anda tetap mati sendiri coba pindah slot, jika masih tetap saja maka ganti dan belikan RAM yang baru.

Baca juga: Cara Mengatasi Ram Lambat Dengan Swap File.

Yang ke Empat Kerusakan Pada Motherboard.

Penyebab ke empat yang memungkinan laptop anda mati adalah dikarenakan ada salah satu komponen pada motherboard laptop mengalami kerusakan, seperti IC power, transistor, resistor dan lain sebagainya, dikarenakan faktor kelalaian manusiamitu sendiri, maupun listrik atau faktor usia komponen itu sendiri.

Cara mengatasi:

Lakukan pemeriksaan pada semua tegangan atau arus komponen yang ada pada motherboad, kemudian periksa fisik komponen apakah masih berjalan dengan baik atau sudah berkarat, dan lain sebagainya. Jika kalian tidak bisa, maka sebaiknya bawalah ke tukang repair atau teknisi laptop yang terbaik ditempat tinggal kalian berada.

Yang ke Lima Tentu nya Kerusakan Pada Baterai.

Saat baterai rusak atau sudah tidak bisa dicas lagi, itupun juga bisa menjadi penyebab laptop mati sendiri, jadi solusinya belikan baterai yang baru dan tentu nya asli untuk menjaga keawetan laptop kalian, meskipun baterai bisa diperbaiki, namun ada baik nya kalian beli yang baru, karena terkadang walaupun sudah diperbaiki tetap saja tidak bertahan lama.

Sekian artikel kali ini tentang Cara Mengatasi Laptop Hang atau Mati Sendiri. semoga denga nada nya artikel ini kalian akan dapat lebih menjaga dan merawat laptop kalian, agar dapat berfungsi lebih lama lagi..

2 thoughts on “Cara Mengatasi Laptop dan Komputer Hang atau Mati Sendiri

  1. Makasih mas info nya kebetlulan lagi cari cara buat benerin laptop adek
    Dipakai pemakaian normal nyala tapi kalo udah pake maen game
    selang waktu beberapa menit langsung mati sendiri..

    Udah beli kipas buat di taro dibawah laptop juga masih kadang mati
    satu satu nya cara lagi kayanya harus bongkar trus dicoba tips diatas juga..
    mudah”an aja ini masih bisa terus di akalin..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.