Cara Lengkap Untuk Eksport dan Import Database MySql di phpMyAdmin

Diposting pada
Cara Lengkap Untuk Eksport dan Import Database MySql di phpMyAdmin
5 (100%) 1 vote

Eksport dan Import Database MySql: Selamat malam sahabat Artikelkomputerku.com, pada post kali ini kita akan kembali menyambung tutorial database kita sebelumnya, kali ini kita akan membahas sebuah tutorial tentang Ekspor dan Import Database MySql di phpMyAdmin.

Jika kita fikir apa sih perlunya ekspor dan impor database MySql di PhpMyadmin itu? jawabannya adalah untuk memback-up data yang telah ada sebelumnya atau juga untuk menyalin data itu sedniri.

Perlu diketahui kedua hal tersebut tidak bisa dilakukan dengan hanya Copy Paste saja, nah untuk itulah perlunya dibuat tutorial kita kali ini.

Bagi sebagian dari kalian mungkin sudah banyak yang paham untuk cara yang satu ini, namun mungkin untuk kebanyakan orang, apalagi untuk kalian yang memang masih dalam tahap awal belajar dalam mengopraikan komputer beserta aplikasinya, mungkin kalian akan bingung untuk cara melakukan nya.

Nah tiak perlu lebih jauh lagi basa- basi nya langsng saja, kita ce di bawah ini untuk cara- cara nya sob,.

Eksport dan Import Database MySql di phpMyAdmin

1.Ekspor

Untuk melakukan perintah ekspor data dilakukan pada tab ekspor dan nanti halaman akan dialihkan menjadi seperti gambar dibawah ini.Cara Lengkap Untuk Eksport dan Import Database MySql di phpMyAdmin (2)

Keterangan gambar:

Lingkaran 1 : Kita bisa memilih tabel apa saja yang ingin kita ekspor disini.

Lingkaran 2 : Disini kita bisa memilih format file dari data ekspor kita, defaultnya format file adalah .sql.

Lingkaran 3 : Disini kita memilih struktur dan data dari file ekspor kita, namun untuk pemula yang tidak tahu cukup mengikuti pilihan default yang disediakan phpMyAdmin.

Lingkaran 4 : Yang Pertama adalah kita bisa menentukan nama file ekspor, kalau kita biarkan nama file nantinya adalah nama database kita, yang kedua adalah kita bisa memilih untuk menjadikan file kita berupa archive atau tidak.

Lingkaran 5 : Apabila kita sudah siap dengan segala sesuatunya klik button Go.

Jika ingin menemukan file ekspor yang barusan kita buat cari di tempat unduhan browser yang digunakan, karena ekspor dari phpMyAdmin bersifat unduhan.

2..Import

Untuk melakukan perintah import data dilakukan pada tab import dan nantinya halaman akan dialihkan seperti gambar berikut.Cara Lengkap Untuk Eksport dan Import Database MySql di phpMyAdmin (1)

Langkah pertama adalah tekan tombol Pilih File dan cari letak terakhir file sql yang akan di import, kemudian sesuaikan format file dengan format file yang kita pilih barusan.

Setelah itu langsung tekan tombol Go di pojok kanan bawah dan fiola selesai sudah impor anda kali ini, cukup simpel kan?

Nah itulah sedikit gambaran untuk cara impor dan juga expor databae di MySql kali ini, semoga dapat bermanfaat dan berguna untuk kita smua, jangan bosan- bosan sob untuk mampir dan membaca sedikit tutorial yang saya bagikan pada setiap post Artikelkomputerku, karna berbagi ilmu baik, terimaksih dan sampai jumpa pada kesempatan berikut nya sob,..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.