Cara Jitu Mencegah Komputer atau Laptop Terkena Virus

Diposting pada
Cara Jitu Mencegah Komputer atau Laptop Terkena Virus
5 (100%) 1 vote

Mencegah Komputer atau Laptop Terkena Virus

Beberapa Cara Mencegah: Mencegah terjangkit nya virus pada sebuah computer memang lah sangat penting,di tambah lagi apabila di dalam computer tesebut memiliki berbagai file penting yang telah lama kita simpan.

Nah untuk itu kita harus berhati hati saat mengoprasikan komputer kita,ada baik nya kita melakukan tindakan untuk mencegah terjadi nya kerusakan dari virus terhadap komputer kita.

Di bawah ini adalah beberapa cara untuk mencegah terjangkit nya virus ke dalam computer kita.

Cara Yang Pertama Ialah Berhati-hati Terhadap Flashdisk, Memory Dan Sejenisnya Salah Satu Cara Yang Ampuh.Mencegah Komputer atau Laptop Terkena Virus

 

Salah satu cara yang paling sering di gunakan virus menyebar di computer anda adalah dengan melalui perangkat yang bisa berpindah pindah seperti flashdisk, jadi ada baiknya scan total terlebih dahulu sebelum kita menggunakan flashdisk.

Cara Kedua Hindari Klik Dua Kali Pada Flashdisk, Memory Dan Lain nya.Mencegah Komputer atau Laptop Terkena Virus

Hindari klik dua kali pada file yang kita rasa tidak pearnah mengcopy nya kedalam flashdisk Kebiasaan ini yang sering kita lakukan,inti nya adalah langsung hapus file atau folder yang dirasa asing, dan jangan klik dua kali karena tanpa sadar anda telah mengaktifkan virus tersebut.

 

Cara Yang ke Tiga Hindari Kebiasaan Anda Mendownload Aplikasi Sembarangan.

Hindari Kebiasaan Anda Mendownload Aplikasi Sembarangan.

Baca juga: Cara Mengtasi Menu Control Panel yang Tidak Bisa Dibuka dari Start Menu

Karena komputer yang sering terhubung ke internet rawan terkena virus, agar aman  sangat disarankan bagi anda untuk tidak mendownload file dari sumber yang tidak terpercaya, misalnya saat mendownload game maka pergilah ke website resminya meskipun game tersebut berbayar.

Cara Yang ke Empat Menggunakan Aplikasi Deep Freeze.

Menggunakan Aplikasi Deep Freeze.

Namun perlu diketahui sebelum nya bahwa kelemahan Deep Freeze yaitu tidak bisa menyimpan file di partisi disk yang anda set, misalnya Disk C sebagai tempat menyimpan program Deep Freeze maka semua file yang pernah anda simpan di local disk C akan hilang, aplikasi ini pun akan mempermudah pengguna untuk menghapus semua kesalahan dan akan mengembalikan kondisi komputer seperti semula yaitu cukup dengan melakukan satu kali restart.

Cara Yang Ke Lima Yaitu Selalu Aktifkan Firewall.Mencegah Komputer atau Laptop Terkena Virus

 

Firewall dapat memutuskan sendiri apakah sebuah komputer bisa terhubung ke jaringan atau malah akan memblokirnya,terutama jika komputer kita selalu terhubung ke jaringan internet, firewall di ibaratkan sebuah tembok penghalang bagi virus, malware ataupun hacker yang ingin membajak komputer kita melalui jaringan internet.

Cara Yang ke Enam Yaitu Melalui Kompresi File Penting Dalam Bentuk ZIP atau RAR.

Melalui Kompresi File Penting Dalam Bentuk ZIP atau RAR.

Dengan melalukan pengkompresi seperti ini dengan  rutin maka peluang virus untuk menyebar akan semakin kecil, terlebih jika sistem windowsnya sudah ada firewallnya.Jika anda memiliki file penting seperti Aplikasi , berektensi.exe, MS Word ataupun Excel maka sebaiknya lakukan kompresi file tersebut terlebih dahulu ke dalam satu file berformat ZIP ataupun RAR, tujuannya agar virus tidak menginfeksi file tersebut.

Cara Yang ke Tujuh Adalah Mematikan Autorun.

Addalah Mematikan Autorun.

Untuk melakukan antisipasi agar (file atau program yang berisi virus tidak dapat dijalankan secara otomatis),maka sangat disarankan agar pengguna menonaktifkan fitur autorun pada komputernya, ia juga akan menjalankan file virus terutama berekstensi .exe tanpa di ketahui oleh pengguna,banyak pengguna yang tidak mengerti bahwa fungsi autorun dapat juga di gunakan untuk menjalankan program secara otomatis.

Cara Yang ke Delapan Ialah Mengubah Ekstensi File.Mencegah Komputer atau Laptop Terkena Virus

Baca juga: Cara Mudah Menginstalasi Word Press dengan Menggunakan Program Softaculos.

 

Biasanya file Ms Excel dan Word yang sudah terinfeksi akan berubah menjadi extensi .exe dan parahnya lagi file tersebut tidak bisa dihapus begitu saja, apalagi jika file yang terinfeksinya sudah sangat banyak mau tidak mau harus melakukan installasi ulang program.

Saat ini banyak pula virus yang menyamar sebagai sebuah file berekstensi .doc ataupun excel,jadi sebaiknya ubah file .doc atau .xls menjadi ekstensi .rtf “Rich text format” karena lebih jarang virus menyerangnya.

Demikian artikel tentang Beberapa Cara Mencegah Komputer atau Laptop Terkena Virus ini kami buat,semoga anda senang membaca dan mengetahui nya,dan kami berharap artikel kali ini dapat menambah pengetahuan serta wawasan pembaca.

Terimakasih dan samapi jumpaa..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.