Apa Yang Dimaksud Dengan Watermark dan Cara Buat Logo Dengan Watermark Microsoft Word 2007

Diposting pada
Apa Yang Dimaksud Dengan Watermark dan Cara Buat Logo Dengan Watermark Microsoft Word 2007
5 (100%) 1 vote

Membuat Watermark (4)

 

Membuat Watermark: Untuk membuat watermark dengan menggunakan software Microsoft  Word, dapat dengan mudah untuk kita lakukan, karena di dalam software tersebut biasanya sudah tersedia fasilitas untuk mengedit layout lembar kerja atau kertas pada dokumen microsoft word tersebut, hanya dengan memberikan sebuah watermark.

Watermark sendiri bisa berupa tulisan maupun juga gambar, atau logo gambar lainnya sesuai dengan keinginan anda, pada umumnya watermark hanya berupa tulisan atau bisa juga berbentuk sebuah logo.

Dalam post Artikelkomputerku.com kali ini, kita akan sedikit belajar bagaimana cara membuat watermark pada word, software yang kita gunakan dalam tutorial ini adalah microsoft word 2007, namun anda tidak perlu khawatir karena anda bisa menggunakan langkah-langkah yang sama yang ada di dalam tutorial ini pada microsoft word 2010 atau yang juga terbaru.

Sebelum kita memulai, berikut sedikit penjelasan mengenai definisi dari watermark dan apa saja funsgi watermark dan juga kenapa kita harus menyematkan watermark ini pada tulisan kita.

Baca juga: Cara Belajar Memprint Tulisan di Word

Pengertian Watermark.

Watermark sendiri adalah gambar yang mengidentifikasi atau pola di kertas, yang muncul sebagai berbagai nuansa gelap atau terang jika dilihat oleh cahaya yang ditransmisikan, (atau jika dilihat oleh cahaya yang dipantulkan, di atas latar belakang gelap), yang disebabkan oleh variasi ketebalan atau kepadatan yang ada pada koran.

Pengertian tersebut adalah pengertian sederhana dari watermak secara umum, yang diberikan oleh situs besar wikipedia.

Yang dimaksud dengan watermark yang akan kita bahas tidak sejauh yang ada pada pengertian tersebut.

Watermark yang dimaksud disini adalah sebuah tanda yang berupa tulisan atau gambar yang transparan yang terletak di halaman yang berisi tulisan tertentu.

Untuk apa Sih Watermark Itu ?

Watermark biasanya digunakan untuk memberikan sebuah tanda atau penanda pada sebuah dokumen.

Misalnya contoh format dokumen tertentu, bisa juga digunakan untuk pemberian identitas kepemilikan sebuah dokumen atau keaslianya.

Watermark juga berfungsi untuk meminimalisir plagiarisme pada tulisan yang sudah kita buat, nah bagaimana cara membuat watermark ? Mari kita bahas lebih lanjut dalam artikel kali ini.

Cara Membuat Watermark Pada Word 2007.

Kita batasi pembahasan kita hanya pada microsoft word saja, karena watermark dapat kita buat juga pada software-software yang lainya, kita juga bisa membuat watermark di program yang lainnya.

Baca juga: Cara Lengkap Membuat Tabel Pada Microsoft Word dan Juga Cara Membuat Tabel Pada Microsoft Excel 2007

Langkah-langkah dalam membuat watermark di Word 2007

1.Pertama kalian buka program ms word kalian versi apapun.

2.Buka dokumen yang akan diberikan watermark jika ada, kalo tidak biarkan kosong.

3.Dari toolbar menu kita pilih (Page Layout).

4.Pada kotak (Page Background) kita pilh (Watermark).

Membuat Watermark (5)

5.Silahkan pilih tema yang kalian inginkan.

6.Apbila ingin memasukan gambar sebagai watermark klik di (Custom Watermark).

7.Silahkan kalian coba pilih dulu salah satu tema tersebut, disana terdapat beberapa tulisan yang telah tersedia secara default.

Bagaimana bila ingin mengganti tulisan tersebut, kalian hanya perlu klik lagi di watermark kemudian pilih custom watermark untuk pengaturanya tersebut.

8.Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah berikut ini :

Membuat Watermark (1)

Membuat Watermark (2)

9.Jika kalian telah memiliki sebuah gambar untuk kalian jadikan watermark, maka kalian hanya tinggal klik saja (Custom Watermark), lalu kemudian kalian pilih (Picture Watermark), dan kemudian pilih gambar yang kalian inginkan, dan jangan lupa juga untuk mengatur ukuran pada gambar yang akan kalian tampilkan.

10.Kemudian klik (Apply),  kemudian (Ok).

Membuat Watermark (3)

Baca juga: Cara Lengkap Untuk Membuat Tabel Pada Microsoft Office Word 2007 Beserta Modifikasi Table Untuk Kepentingan Lain Beserta Gambarnya

Contoh penggunaan watermark pada sebuah tulisan di microsoft word, biasanya ketika kalian membuat suatu dokumen yang memang tidak diperbolehkan orang lain, maka kita tidak bisa mengkopinya.

Atau untuk memberi keterangan, bahwa dokumen tersebut adalah dokumen asli dengan watermark, bahwa tulisan tersebut ASLI.

Saya kira mudah sekali dan tikak susah, untuk membuat watermark pada ms word, dan saya yakin anda semua bisa dengan mudah untuk melakukan dan mempraktekannya, cukup dengan membaca tutorial ini sekali saja, anda pasti sudah bisa melakukannya.

Sekian artikel kali ini tentang Apa Yang Dimaksud Dengan Watermark dan Cara Buat Logo Dengan Watermark Microsoft Word 2007, semoga bermanfaat dan berguna bagi kita semua dan sampai jumpa pada pertemuan berikut nya di Artikelkomputerku.com sob,.

Gambar Gravatar
Welcome to My Artikel Newbie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.