Kenapa Mahasiswa Bisa Disebut Sebagai Pahlawan Devisa ??

Diposting pada
Kenapa Mahasiswa Bisa Disebut Sebagai Pahlawan Devisa ??
5 (100%) 1 vote

mahasiswa pahlawan devisawww.artikelkomputerku.com: Jika selama ini kita mengenal bahwa TKI (Tenaga Kerja Indonesia) sebagai pahlawan devisa, maka sekarang mahasiswa juga bisa disebut pahlawan devisa.

Pahlawan devisa umumnya adalah sebutan bagi orang yang bisa mendapatkan penghasilan dari luar negeri dalam bentuk mata uang asing atau bukan rupiah dan masuk ke bank lokal di dalam negeri.

Selanjutnya mata uang asing tersebut akan ditukar ke mata uang rupiah dan menjadi pendapatan yang bersangkutan sekaligus menjadi devisa bagi negara.

Kita ketahui bahwa salah tugas utama seorang mahasiswa adalah belajar, mahasiswa yang kreatif tentunya tidak hanya mengandalkan belajar hanya di dalam kelas, tetapi juga mengembangkan ilmu di luar kelas atau di tengah masyarakat.

Masyarakat mengenal mahasiswa sebagai kelompok intelektual sehingga mahasiswa dituntut tanggungjawabnya untuk tidak sekedar belajar membaca dan menulis, tetapi mengimplementasikan pengetahuannya secara nyata di tengah-tengah masyarakat.

Penerapan ilmu bagi mahasiswa di tengah masyarakat bisa diwujudkan dalam bentuk berbagai kegiatan salah satunya adalah kegiatan wirausaha mandiri.

Sebagai insan yang sudah memiliki modal pengetahuan, mahasiswa memiliki peluang yang cukup besar untuk mengembangkan kegiatan bisnis atau wirausaha mandiri tanpa perlu meninggalkan aktifitas perkuliahannya.

Oleh karenanya, mahasiswa seharusnya bisa memilih kegiatan usaha yang membutuhkan waktu fleksibel agar terjadi keseimbangan antara kegiatan kampus sebagai tempat menimba ilmu dan kegiatan usaha sebagai tempat mengembangkan dan menerapkan ilmu tersebut.

Mahasiswa sebagai insan yang terdidik, dituntut tidak hanya belajar teoritis namun memiliki jiwa inovatif, kreatif, dan jiwa interpreneurship.

Mahasiswa sebagai calon tenaga kerja tentu tidak bisa mengandalkan pemerintah untuk membuka lapangan kerja karena saat ini pemerintah kita belum mampu untuk bisa menciptakan lapangan kerja yang menyerap semua lulusan perguruan tinggi di Indonesia.

Mahasiswa yang memiliki jiwa interpreneurship tentu tidak akan menganggap hal tersebut sebagai masalah, karena mereka tidak akan mengandalkan lapangan kerja dari pemerintah atau perusahaan swasta, tetapi justeru akan membuka lapangan kerja baik bagi dirinya dan mungkin juga bagi orang lain.

Jiwa interpreneurship tersebut bisa ditanamkan melalui kegiatan perkuliahan seperti mata kuliah kewirausahaan dan e-commerce.

Perkembangan teknologi khususnya teknologi informasi membawa perubahan besar termasuk dalam bidang bisnis. Pesatnya teknologi informasi menimbulkan spesifikasi bisnis ke dalam 2 kelompok besar yaitu bisnis tradisional atau konvensional dan bisnis online atau e-commerce.

Secara garis besar, perbandingan antara model bisnis tradisional dan bisnis online/digital  bisa dilihat pada tabel berikut:

Aspek

Bisnis tradisional Bisnis online

Lokasi usaha

Toko, kios, etalase dll

toko online, blog, atau web lain.

Produk

Produk fisik Bisa produk fisik maupun digital
Biaya sewa Sewa toko

Sewa domain dan hosting

Transaksi

Langsung terjadi di tempat Via internet/web
Pembayaran Tunai

Transfer bank, paypal dll

Pengiriman

Tanpa pengiriman Via kurir (JNE, TIKI, POS dll)
Promosi Secara konvensional seperti brosur, spanduk, dll

Via internet/web seperti iklan baris, banner, iklan gambar dll.

Waktu usaha

Umumnya sekitar 8 jam per hari Full time 24 jam sehari
Pasar Hanya menjangkau sekitar lokasi usaha

Menjangkau seluruh indonesia bahkan mancanegara karena via internet

Proses transaksi Umumnya konsumen memilih produk dan jika berminat langsung dibeli

Pengunjung akan melihat gambar produk, membaca penjelasan dan fitur baru melakukan pemesanan online

Jika dilihat dari perbandingan antara bisnis tradisional dan bisnis online pada tabel di atas, masing-masing punya kelebihan tersendiri.

Dari segi proses transaksi, pada bisnis tradisional, umumnya kepercayaan konsumen lebih tinggi karena produk yang akan dibeli bisa dilihat secara langsung, beda halnya dengan bisnis online dimana produk tidak bisa dilihat secara langsung tapi melalui gambar dan penjelasan berbagai fitur produk.

Namun dari aspek yang lain bisnis online memiliki kelebihan baik dari segi waktu usaha, pangsa pasar, jenis produk (fisik dan digital), biaya sewa tempat dan aspek lainnya.

Lalu bagaimana halnya dengan pasar untuk bisnis online?

Dari tabel perbandingan di atas terlihat bahwa pasar untuk bisnis online sangat luas, bukan hanya indonesia tetapi juga seluruh mancanegara.

Berbicara mengenai pasar, tentu tidak akan lepas dari pembicaraan mengenai pengguna internet karena pada bisnis online, para pengguna internet itulah yang menjadi calon konsumen. Perkembangan jumlah pengguna internet dunia ternyata meningkat drastis.

Berikut adalah distribusi pengguna internet di dunia berdasarkan benua:

Dari gambar tersebut, bisa kita lihat bahwa pengguna internet terbesar pada Quartal ke 4 tahun 2013 adalah dari Asia (45,1%), eropa (20,2%) baru disusul benua-benua lainnya. Secara lebih datail, berikut adalah statistik populasi pengguna internet di dunia per 31 Desember 2013.

Dari tabel tersebut, total pengguna internet per 31 Desember di dunia mencapai 2,8 Milyar. Bisa kita bayangkan angka tersebut jika dibandingkan dengan pengguna internet dunia pada tahun 2000 yang kurang dari 361 juta.

Bahkan, bisa kita lihat dari tabel di atas pada tahun 2014 saat ini diperkirakan jumlah pengguna internet dunia mencapai 7,1 milyar atau 2,5 kali lebih banyak dari tahun 2013 yang lalu. Di Asia sebagai yang merupakan populasi pengguna internet terbesar di dunia mencapai angka 1,265 Milyar atau 45,1% dari seluruh pengguna internet dunia.

Jika Asia memiliki populasi pengguna internet terbesar di dunia, lalu bagaimana dengan pengguna internet Indonesia jika dibandingkan dengan negara-negara asia lainnya? Berikut adalah negara-negara dengan pengguna internet terbesar di Asia per 31 Desember 2013.

Dari gambar tersebut, bisa kita lihat bahwa Indonesia menduduki urutan ke 4 sebagai negara dengan pengguna internet terbesar di Asia. Jumlah pengguna internet Indonesia per 31 Desember 2013 mencapai 55 juta jiwa.

Secara detail pengguna internet negara-negara di Asia, dilengkapi dengan statistik pengguna facebook sebagai jejaring sosial terbesar di dunia dapat dilihat pada tabel berikut:

Dapat kita lihat bahwa, jumlah penduduk Indonesia pada tahun 2014 diperkirakan sebanyak 253 juta. Jumlah pengguna internet indonesia per 31 Desember 2013 mencapai 55 juta atau 21,7% dari total penduduk.

Yang menarik juga adalah dari 55 juta pengguna internet di Indonesia, ternyata 51 juta atau 92% memiliki akun facebook. Artinya adalah Indonesia merupakan pasar yang sangat menjanjikan bagi orang-orang luar negeri.

Tidak heran jika pemilik facebook menjadi salah satu orang terkaya dunia dari pembayaran iklan-iklan yang dipasang di facebook.

Pertanyaannya adalah mengapa orang-orang tersebut mau memasang iklan di facebook dengan biaya yang mahal?

Di dalam promosi bisnis online, dikenal istilah global advertising. Global advertising merupakan iklan yang dipasang secara luas ke seluruh pengunjung dan biasanya dipasang berdasarkan segmen-segmen tertentu.

Segmen-segmen tersebut dapat berupa bidang usaha atau kategori produk misalnya properti, elektronik, jasa, otomotif dan sebagainya. Segmen juga bisa berdasarkan umur, jenis kelamin, negara, wilayah dan sebagainya.

Faktor yang mempengaruhi pelaku bisnis online untuk memasang iklan adalah bagaimana tingkat kepopuleran suatu web iklan. Web yang populer tentunya memiliki jumlah pengunjung (visitor) yang sangat banyak.

Logika sederhana adalah jika kita memasang iklan pada web yang pengunjungnya banyak, tentu banyak pula yang akan membaca iklan tersebut. Jika banyak yang membaca iklan kita, tentu akan banyak yang akan berkunjung ke website kita.

Semakin banyak yang berkunjung ke website kita maka tentu secara logis semakin banyak pula orang yang tertarik atau berminat dengan produk yang kita tawarkan.

Semakin banyak orang yang tertarik maka tentu semakin banyak pula yang akan melakukan pembelian. Semakin banyak pembelian maka semakin banyak yang melakukan melakukan pembayaran, dan semakin banyak yang melakukan pembayaran maka keuntungan semakin besar.

Alur inilah yang menyebabkan para pelaku bisnis internet menyebabkan pengunjung itu adalah faktor utama keberhasilan bisnis, sehingga dikenal sebuah istilah pengunjung=uang.

Untuk memperoleh kunjungan yang besar, maka mereka memilih website yang paling populer seperti facebook untuk memasang iklan meskipun dengan biaya yang mahal.

Lalu media apa saja yang dijadikan global advertising oleh para pelaku bisnis online? Berikut adalah beberapa media iklan bisnis online:

  • Iklan jejaring sosial, merupakan iklan yang dipasang pada web jejaring sosial seperti iklan di facebook
  • Iklan baris, merupakan iklan berupa teks yang dipasang di situs-situs iklan baris
  • Iklan banner, merupakan iklan yang dipasang berupa gambar banner sebagai hiperlink pada suatu web iklan.
  • Google Ads merupakan iklan yang dipasang pada media iklan layanan dari google.
  • Back link, merupakan link yang dipasang pada web yang melayani pemasangan link. Ada juga yang sifatnya tukar link dengan web iklan tersebut.

Lalu bagaimanakah implementasi e-bussines atau bisnis online yang tepat bagi mahasiswa agar berhasil? Sebelum memutuskan untuk terjun ke bisnis online, mahasiswa harus memahami dulu tentang karakter pengguna internet.

Selanjutnya mahasiswa juga harus memahami seperti apa bisnis online, bukan hanya kelebihannya tetapi juga kendala dan resikonya.

Jika kita bahas khusus mengenai bagaimana mahasiswa menjadi pahlawan devisa, tentu pasar yang ditargetkan adalah pasar luar negeri.

Jika memilih bisnis untuk pasar luar negeri tentu mahasiswa harus faham tentang kemauan atau minat pengunjung luar negeri terhadap Indonesia. Dalam hal ini, mahasiswa harus bisa membuat orang luar negeri berminat terhadap informasi yang ditawarkan berhubungan dengan apa yang ada di Indonesia.

Bagaimana jika mahasiswa tersebut baru mulai terjun ke bisnis online? Alternatif terbaik untuk mendapatkan dollar bagi pemula seperti ini adalah dengan Bisnis afiliasi. Inti dari bisnis afiliasi atau reseller adalah mempromosikan produk orang lain.

Bagaimana proses penerimaan bonusnya? Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan:

Daftar di web yang menerima afiliasi. Jika sudah terdaftar maka kita akan mendapatkan sebuah link yang disebut link afiliasi atau link referral atau link reseller. Kita sendiri sudah disebut sebagai affiliater atau reseller.

Silahkan promosikan link tersebut ke berbagai iklan dengan media seperti yang disebutkan pada media iklan di atas.

Pengunjung akan melihat iklan anda dan jika berminat dia akan mengklik dan membaca produk yg ditawarkan.

Jika dia tertarik dengan produk tersebut, pengunjung akan melakukan pembelian sampai pembayaran.

Pengelola web akan memproses transaksi pembelian tersebut dan memberikan barang/jasa kepada pelanggan, pada saat itu juga pengelola web akan memproses bonus untuk kita sebagai affiliater.

Bonus berupa dollar biasanya diterima berupa rekening online (paypal).

Paypal bisa di tarik (withdraw) ke bank lokal di Indonesia seperti BCA, BNI, Mandiri dll.

Uang bisa dicairkan lewat bank lokal indonesia dalam bentuk rupiah

Jika sudah berhasil mendapatkan bonus dari sebuah web afiliasi, mahasiswa bisa mendaftar di web afiliasi lainnya dan bonus bisa diterima dari banyak web afiliasi.

Sebelum mendaftar, mahasiswa bisa mengkaji dan memilih web afiliasi dengan pembayaran bonus yang paling mahal agar pendapatan yang dihasilkan lebih optimal.

Jika nantinya mahasiswa sudah sukses di bisnis afiliasi, maka selanjutnya bisa membuat produk sendiri dan dipasarkan ke Internet.

Bahkan mahasiswa bisa mempromosikan produk daerah, budaya dan wisata daerah masing-masing mahasiswa ke luar negeri.

Bukan hanya itu, jika pengunjung tertarik, maka mahasiswa bisa berkerja sama dengan pihak lainnya serta memberikan layanan informasi lengkap seperti informasi penginapan, informasi travel, makanan dan sebagainya. Itu semua akan mendatangkan devisa bagi negara.

Semoga post artikelkomputerku kali ini bermanfaat bagi semua pembaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.