12 Cara Untuk Mengatasi Laptop yang Bekerja Lambat

Diposting pada
12 Cara Untuk Mengatasi Laptop yang Bekerja Lambat
5 (100%) 1 vote

12 cara agar komputer dan laptop tidak lemot12 Cara Mengatasi Laptop yang Bekerja Lambat: Perkembangan teknologi dan juga kebutuhan manusia akan komputer di dunia yang sudag semakin modern ini, sudah sukses membuat komputer berjenis PC menjadi menciut dan tergantikan oleh laptop.

Saat ini laptop sudah banyak sekali digunakan oleh kalangan umum dan sudah bukan lagi merupakan barang mewah, mengingat kebutuhan manusia akan teknologi sudah semakin melonjak.

Laptop pun saat ini sudah semakin banyak bervariasi, mulai dari merk yang standar hingga merk premium dan terkenal, dengan harga dan juga spesifikasi yang terbilang cukup memadai

Namun seiring dengan berjalannya waktu, tentu saja laptop terkadang mengalami masalah berupa lemot atau lama dalam memproses data yang di lakukan oleh pengguna.

Terkadang sangat lambat hingga membuat pengguna merasa kesal dan juga frustasi karena kinerja laptop yang lemot.

Cara Mengatasi Laptop Agar Tidak Lemot

Lalu bagaimana sih cara agar laptop tidak lemot ?, berikut ini adalah beberapa cara agar laptop kalian tidak lemot, disini admin membaginya menjadi 2 fase yaitu:

Laptop Berusia Kurang Dari 3 tahun

Laptop yang masih berusia dibawah 3 tahun, masih termasuk laptop dengan seri terbaru, dimana fitur dan juga spek yang dimiliki oleh laptop tersebut terbilang cukup up to date.

Namun terkadang, beberapa hal juga dapat membuat laptop menjadi lemot, disamping faktor speseifikasi bawaan dari pabrikanya.

Nah berikut ini adalah cara mengatasi laptop kita agar tidak lemot:

Baca juga: Penyebab Komputer Tidak Bisa Startup dan Cara Mengatasi Komputer yang Tidak Bisa Startup

1. Bersihkan Desktop

Banyaknya aplikasi yang terdapat di desktop, merupakan salah satu faktor penyebab laptop kita menjadi lemot dan tidak stabil.

Apabila kalian memiliki laptop dengan kapasitas memori yang besar, maka hal ini tidak akan menjadi masalah untuk laptop kalian.

Namun terkadang, jika ada terlalu banyak aplikasi pada desktop, juga dapat menyebabkan laptop tersebut terlalu lama dalam merespon apa saja yang kita kerjakan.

2. Uninstall Aplikasi tak Terpakai

Salah satu hal yang juga menjadi penyebab sebuah laptop berumur dibawah 3 tahun menjadi lemot adalah, karena adanya terlalu banyak aplikasi yang terinstal.

Sehingga penyimpanan pada Drive C laptop menjadi penuh yang akhirnya membuat sistem terlalu lama dalam membaca hard disk.

Hal ini juga akan menyebabkan pembacaan data yang ada dalam hard disk, menjadi lemot atau  membutuhkan waktu yang lebih lama dari biasanya.

Cara paling ampuh untuk mengatasinya adalah, melakukan tindakan uninstall terhadap aplikasi yang tidak perlu tersebut atau yang jarang di gunakan.

3. Gunakan Aplikasi Seperlunya Saja

Penggunaan RAM yang berlebihan, juga merupakan salah satu penyebab terjadinya kinerja laptop yang melambat.

Biasanya hal ini sering terjadi, ketika kita terlalu banyak membuka aplikasi yang berat dalam sekali running, seperti bermain game sambil memutar playlist music atau membuka aplikasi social media.

Hal ini tentu saja akan menyebabkan laptop kita menjadi lemot, maka dari itu, lakukanlah pembersihan RAM komputer dengan cara menutup aplikasi atau dengan menggunakan task manager yang ada.

4. Remove Aplikasi di Startup

Startup merupakan suatu saat dimana laptop mulai beroperasi, biasanya ketika melakukan startup, aplikasi yang akan berjalan adalah aplikasi penting, seperti antivirus dan windows lainnya.

Usahakan jangan terlalu banyak aplikasi yang masuk ke dalam startup laptop kalian,hal ini akan menyebabkan aplikasi tersebut working in background, dan akan memakan kapasitas RAM yag besar.

5. Gunakan Aplikasi Sesuai Memory

Kita tentunya harus mengetahui spesifikasi dari laptop yang kita miliki, dan kita pun juga harus menginstall aplikasi yang sesuai dengan spesifikasi laptop yang kita miliki.

Apabila kita menginstall aplikasi yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang ada pada laptop, maka kalian jangan heran apabila laptop kalian nantinya akan menjadi lemot, meskipun masih baru.

6. Rajin Scanning Virus

Scanning virus juga merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Sebab ada beberapa virus yang dapat menyebabkan memory RAM menjadi semakin sempit, sehingga akan memicu laptop menjadi lebih lemot.

Karena itu, kita sangat disarankan menggunakan antivirus, untuk membantu menjaga performa dari sebuah laptop.

Laptop Yang Sudah Lebih Dari 3 Tahun

Laptop yang usianya sudah lebih dari 3 tahun, tentu akan mengalami penurunan performa, hal ini sangat wajar, terutama apabila laptop tersebut sering digunakan untuk berbagai keperluan pekerjaan kita.

Dibawah ini adalah hal yang dapat kalian lakukan untuk membantu mencegah agar laptop tidak lemot, terutama bagi laptop yang sudah berusia lebih dari 3 tahun.

Baca juga: 5 Cara Untuk Memperbaiki Keyboard Komputer Yang Rusak Beserta Penyebab dan Cara Mengatasinya

7. Penambahan Kapasitas RAM

Cara yang sangat ampuh lainnya untuk mengobati penyakit lemot pada laptop adalah, melakukan penambahan kapasitas pada RAM.

Kapasitas RAM pada komputer yang lebih besar, berarti juda dapat memperbaiki proses reading oleh processor.

Hal ini tentu akan sangat membantu meringankan kerja laptop, sehingga dapat membantu sekali dalam mengurangi gejala lemot pada laptop.

Namun perlu kalian perhatikan secara khusus, spesifikasi dan juga kapasitas maksimum RAM yang dapat diaplikasikan kedalam laptop kalian.

8. Pembersihan drive C dan Uninstall Aplikasi Besar

Pembersihan drive C juga tak kalah penting, serta melakukan proses uninstall dari program pada aplikasi yang memberatkan kinerja laptop.

Seiring dengan bertambahnya usia, maka performa pada laptop pun akan menurun, sehingga dalm hal ini sangat diperlukan pembersihan pada aplikasi yang berat dan memakan kapasitas memori yang besar.

9. Bersihkan Bagian Dalam Laptop

Pembersihan bagian dalam laptop juga tidak kalah penting untuk dilakukan.

Selama lebih dari 3 tahun, kemungkinan laptop juga dapat kemasukan berbagai macam jenis debu dan juga materi halus lainnya.

Hal ini dapat menyebabkan laptop menjadi sangat cepat panas dan akhirnya menjadi lemot, karena itu perlu dilakukan pembersihan lanjut pada laptop, sehingga paling tidak berkurang gejala lemotnya.

10. Menggunakan Thermal Paste

Thermal Paste, merupakan suatu pasta yang dioleskan pada processor laptop, yang gunanya untuk membantu mendinginkan processor serta menjaga suhu processor agar tetap stabil.

Pengaplikasian dengan menggunakan thermal paste ini, sangat berguna untuk menjaga suhu processor agar tidak terlalu panas, suhu yang terlalu panas dapat menyebabkan munculnya gejala laptop lambat.

11. Gunakan Netbook Cooler

Jangan sepelekan penggunaan netbook cooler, penggunaan kipas tambahan di bawah laptop ini memilki manfaat yang sangat baik yang gunanya untuk menjaga suhu laptop agar tetap stabil.

12. Bersihkan File Yang Tidak Penting

Langkah yang terakhir adalah, rajinlah dalam membersihkan file- file yang tidak penting.

Contohnya saja seperti foto yang sudah ada di penyimpanan aplikasi lain, seperti goggle drive atau yang lainnya.

Serta rajin membersihkan chace dan juga cookies setelah kalian membuka salah satu aplikasi yang ada pada desktop laptop kalian.

Nah itu dia sedikit tips yang kali ini dapat tim artikelomputerku.com dapat sampaikan, semoga tips di atas dapat bermanfaat untuk kelangsungan hidup laptop kalian dan kerisis kantong kalian, wkwkk canda 😀

Sekian dan terimakasih sampai jumpa pada post artikelkomputerku selanjutnya sob.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.