12 Cara Mengatasi Error Printer Epson L120 Untuk Pemula

Diposting pada
12 Cara Mengatasi Error Printer Epson L120 Untuk Pemula
5 (100%) 3 votes

12 Cara Mengatasi Error Printer Epson L120 Untuk Pemula– Printer Epson Seri L ini banyak digunakan oleh kalangan masyarakat karena sudah dilengkapi sistem infus dari pabrikan, printer penerus dari Epson L100 ini sangat banyak dgunakan untuk pribadi ataupun organisasi, sekolah dan juga perkantoran.

Sama dengan printer seri L lainnya, printer seri ini juga tidak lepas dari masalah seperti pada umumnya , misalnya saja lampu indikator berkedip, waste ink full dan masalah lainnya, untuk itu harus ditangani dengan serius untuk kemudian dapt digunakan kembali.

Printer Epson L120 merupakan printer keluaran Epson yang dibuat untuk mencetak berkas dengan kualitas tidak jauh dari generasi pendahulunya, hasil kualitas dari cetaknya tentu terjamin sangat baik, baik untuk dokumen ataupun foto bergambar.

Printer inipun sudah dilengkapi dengan tabung infus berukuran kecil yang telah dibuat langsung dari pabriknya, akan gtetapi printer ini belum bisa digunakan untuk fotokopi atau scan data.

Dengan menggunakan printer ini kamu sudah dapat mencetak foto dengan bagus, mencetak undangan, atau sekedar file word biasa, selain itu harganya masih cukup terjangkau bila dibanding seri lainnya.

Pada pembahasan kali ini admin akan membagikan cara reset printer L120 yang minta dikosongkan memorinya, sebab setiap printer epson ataupun error printer canon memiliki batas dalam mencetak sebuah lembar  dokumen.

Dimana akan menjadikan printer error jika sudah mencapai atau melebihi batas tersebut akan menunjukkan lampu orange yang berkedip secara bergantian ataupun blinking.

Cara Reset Printer Epson L120

12 Cara Mengatasi Error Printer Epson L120 Untuk Pemula

Pada saat kondisi seperti diatas, pada layar pc atau laptop akan muncul kotak dialoq (Service Required) hal tersebut karena terdapat masalah yaitu (Waste Ink Full), maka harus dilakukan reset dengan menggunakan software atau manual.

Blinking tidak selalu karena meminta reset, terkadang ada erorr paper jam bisa juga adanya masalah pada mekanik, maka cara untuk mengatasinya adalah dengan membongkar dan cek di mainboard, serta komponen yang ada didalam printer.

Karena  pada pembahasan kali ini kita akan mencoba untuk mereset printer epson seri L120, maka perhatikanlah cara dibawah ini dengan seksama agar kamu dapat menerapkan nya dengan benar di rumah.

Cara Reset Printer Epson L120 Lampu Berkedip dengan Software Resetter

Error dengan tulisan di layar (Waste Ink Full), penyebab eror seperti ini akan muncul jika printer telah mencapai batas pencetakan, untuk mengatasinya kamu harus menggunakan software Tools Adjusment yang sudah dibuat untuk meresetnya.

Pada masalah seperti ini seringkali lampu indikator tinta dan kertas berkedip secara bergantian dari sejak printer dihidupkan, dan juga ada pesan error pada computer atau laptop yang kamu gunakan yaitu (Service Required), maka berikut langkah untuk mengatasinya:

  1. Download terlebih dahulu dengan klik > Resetter Epson L120 dari laptop kamu yang sudah terhubung dengan internet atau jika tidak bisa dapat mengunduhnya pada link diatas
  2. Kemudian setelah kamu selesai mengunduhnya, ekstrak dengan menggunakan Zip ekstraktor atau rar
  3. Kemudian silakan klik pada adjprog.exe 2x maka program akan berjalan dengan tampilan seperti dibawah ini, biasanya akan otomatis terpilih printer yang tersambung dengan kabel USB, kemudian pilih pada (Particular Adjusment Mode)
  4. Maka selanjutnya akan tampil kotak jendela baru, arahkan mouse kamu pada Maintainance > klik Waste Ink pad counter, kemudan klik OK
  5. Setelah itu, silahkan kamu masuk pada jendela untuk melakukan reset counter ink printer epson l120, silakan kamu centang di bagian Main Pad Counter, lalu pilih pada check, jika sudah maka kamu klik Initialize
  6. Tunggu hingga beberapa saat program resetter melakukan pengosongan di waste ink full, setelah itu klik FINISH, jika sudah maka kemudian matikan printer dan hidupkan kembali
  7. Selesai, selamat kamu sudah berhasil melakukan reset pada printer epson L120 dengan sukses.

Cara Reset Printer Epson L120 Lampu Berkedip dengan Reset Manual

Reset manual ini dapat diterapkan pada ink level yang error, kondisi error seperti ini seringkali ditunjukkan dengan lampu indikator tinta yang menyala namun diam (tidak berkedip- kedip) pada kondisi ini juga printer tidak dapat digunakan untuk mencetak, maka cara unbtuk melakukan reset tanpa software nya adalah sebagai berikut:

  1. Nyalakan printer kmau
  2. Kemudian tekan dan tahan tombol resume pada printer kamu (tombol dengan segitita ada lingkaran) sekitar 5 hingga 10 detik lalu lepaskan
  3. Jika tombol dilepas di proses kedua biasanya indikator tinta menyala akan langsung hilang lalu printer sudah bisa digunakan kembali
  4. Apabila kau sudah melakukan cara diatasnamun lampu indikator tinta tetap menyala, maka coba tekan kembali tombol tadi hingga 5 detik lalu lepaskan, tekan lagi 3 detik, lepas kemudian tekan 1 detik, jarak dari tekanan 1 sampai ke tekanan berikutnya haruslah cepat
  5. Semoga saja jika kamu sudah melakukan cara seperti diatas, maka printer kamu dapat digunakan kembali.

Demikian artikel kali ini tentang 12 Cara Mengatasi Error Printer Epson L120 Untuk Pemula kami buat, semoga dapat bermanfaat dan membantu sobat artikelkomputerku semua, sekian dan terimakasih sampai jumpa pada kesempatan berikutnya.

Baca juga artikel lainnya tentang: